Asisten II Bima Buka Bimtek Pengelolaan Kearsipan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima H. Muzzakir membuka secara resmi kegiatan Bimtek Pengelolaan Kearsipan tahun 2016, di Aula SMKN 3 Kota Bima, Rabu (27/7).

Acara Bimtek Pengelolaan Kearsipan. Foto: Hum

Acara Bimtek Pengelolaan Kearsipan. Foto: Hum

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kearsipan Kabupaten Bima beserta jajaranya, peserta yang mewakili SKPD, serta 2 orang Tutor yang berasal dari Badan Kearsipan Pemerintah Provinsi NTB masing – masing Satrio Pujonugroho dan Muri Hanafi.

H. Muzzakir dalam arahannya mengatakan, Bimtek digelar untuk memberi bekal pengetahuan yang memadai kepada para pengelola kearsipan yang berada di tiap – tiap SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima. Agar bisa merancang dan mengembangkan sistem informasi manajemen kearsipan daerah yang efektif dan efisien.

Kegiatan Bimtek tersebut juga selaras dengan Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, antara lain menjelaskan arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa serta sebagai acuan dan bahkan pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik serta mendinamiskan sistem kearsipan, diperlukan penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan sebagaimana dibutuhkan oleh suatu system penyelenggara kearsipan yang handal,” ujarnya.

Selain memberikan pengetahuan tentang kearsipan, kedepanya para pengelola kearsipan yang berada di tiap – tiap SKPD juga harus bisa mengelola ilmu dan teknologi (IT). Karena dengan menguasai IT, maka kedepan pengelola kearsipan dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan.

“Saya berharap semoga dengan adanya Bimtek ini para pengelola kearsipan dapat mengetahui tata cara pengelolaan kearsipan yang baik, terutama dalam rangka menyimpan sebuah dokumen atau file yang dibutuhkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Hj. Ratna Rauf mengatakan, Bimtek digelar selama 2 hari yaitu, tanggal 27 – 28 Juli 2016 di aula SMKN 3 Kota Bima. Sementara peserta yang diikut 40 orang, terdiri dari 32 SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima.

*Bin

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *