oleh

WTP Harus Jadi Motivasi Dalam Tatakelola Keuangan

-Kabar Bima-0 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Wakil Bupati (Wabup) Bima Dahlan M. Noer mengatakan, predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas kinerja pengelolaan keuangan Tahun Anggaran 2015 yang diberikan BPK, hendaknya menjadi motivasi untuk terus berupaya keras melakukan pembenahan pengelolaan keuangan.

Wakil Bupati  Bima Dahlan M. Noer. Foto: Hum
Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer. Foto: Hum

“Cita-cita tersebut tidak semudah membalik telapak tangan, namun membutuhkan kesungguhan, komitmen dan kerja keras baik Eksekutif, Legislatif maupun seluruh komponen agar predikat WTP ini dapat dipertahankan,” ujar Wabup saat Paripurna ke-9 DPRD Kabupaten Bima, Jumat (29/7) tentang Pendapat Akhir Kepala Daerah atas Laporan Hasil Pembahasan  Anggaran terhadap Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2015.

Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bima Hj. Murni Suciyanti, didampingi dua orang Wakil Ketua yaitu, serta diikuti para anggota DPRD,  FKPD dan Kepala SKPD tersebut, Dahlan mengakui, atas saran dan catatan BPK, Pemerintah Daerah akan terus melakukan perbaikan sistem pengelolaan keuangan, baik pada aspek pengendalian internal, penganggaraan, penatausahaan maupun pertanggung jawaban.

“Demikian halnya masukan Pimpinan dan anggota DPRD, akan menjadi perhatian serius Eksekutif untuk ditindaklanjuti sebagai bahan perbaikan pada tahun berikutnya,” katanya.

Berkaitan dengan tata kelola keuangan daerah, Dahlan memaparkan, semangat pengelolaan keuangan yang semakin memberikan peran dan fungsi yang lebih besar kepada SKPD, membutuhkan kerja keras dan dukungan SDM keuangan yang profesional, untuk menerjemahkan sekaligus menerapkan secara tepat dan benar berbagai perubahan aturan yang terus mengalami penyempurnaan dari tahun ke tahun.

Sebelumnya, pada penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Banggar terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban APBD 2015, yang dibacakan Yasin menyampaikan 9 catatan, saran dan masukan, baik secara khusus terkait pengalolaan keuangan daerah selama tahun 2015 maupun hal-hal lainnya terkait pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pembangunan daerah.

Masukan tersebut mencakup capaian PAD, Pembangunan kantor Bupati di Kecamatan Woha, kinerja pelayanan lampu penerangan jalan, koordinasi penyediaan bibit pertanian bagi petani dan  pemerataan pembangunan di seluruh Kecamatan.

*Bin

Komentar

Kabar Terbaru