oleh

SMAN 2 Bangun Pondasi Gerakan Literasi Sekolah

-Kabar Bima-3 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Merangsang minat baca siswa, SMAN 2 Kota Bima membangun pondasi gerakan literasi sekolah. Kegiatan yang mulai digelar Desember 2015 tersebut, berjalan dengan baik. Bahkan, banyak siswa yang sudah menyelesaikan ratusan buku dalam satu bulan.

Penyerahan hadiah dan penghargaan kepada siswa siswi yang membaca buku lebih dari 100 buku perbulan. Foto: Bin
Penyerahan hadiah dan penghargaan kepada siswa siswi yang membaca buku lebih dari 100 buku perbulan. Foto: Bin

Kepala SMAN 2 Kota Bima, Imran mengaku, literasi diadakan selama 1 semester, sekarang tahapnya sudah selesai. Karena dinilai mampu membangun semangat membaca siswa, kegiatan tersebut pun akan direncakan sepanjang tahun.

“Kegiatan literasi yakni membaca dan merangkum isi buku. Alhamdulillah siswa sudah membaca rata rata 20 buku perbulan. Siswa yang kemampuan membacanya.sedang, hanya menyelesaikan 5 – 10 buku perbulan,” ujarnya, Sabtu (6/8).

Kata dia, untuk siswa yang membaca paling banyak dalam sebulan, telah diberi hadiah dan penghargaan. Perhatian tersebut dimaksud, agar menjadi motivasi bagi yang lain untuk melakukan hal yang sama.

“Beberapa siswa bahkan ada yang telah membaca ratusan buku. Buku saja apa dilahap,” katanya.

Untuk mengetahui jumlah buku yang telah dibaca,  sambungnya, dari rangkuman materi bacaan, bukti buku, foto foto kegiatan dan laporan tim penilai.

Imran menambahkan, membangun budaya membaca tersebut dinilai efektif untuk mendorong semangat membaca siswa. Melalui gerakan literasi, pihaknya ingin membangunkan anak anak untuk gemar membaca. Tujuan akhirnya, membaca menjadi budaya.

“Tidak ada kebodohan, kemiskinan dan penderitaan, jika orang mau membaca. SMA 2 menjadi sekolah pertama yang melakukannya,” tambahnya.

*Bin?

Komentar

Kabar Terbaru