Kabar Bima

SMAN 5 Adakan Training Motivasi Kewirausahaan

227
×

SMAN 5 Adakan Training Motivasi Kewirausahaan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Mempersiapkan siswa berinovasi dan kreatif, SMAN 5 Kota Bima menyelenggarakan kegiatan Training Motivasi (TM) program kewirausahaan, Selasa (16/8).

Training Motivasi Kewirausahaan yang diadakan SMAN 5. Foto: Eric
Training Motivasi Kewirausahaan yang diadakan SMAN 5. Foto: Eric

Kepala SMAN Kota Bima H. Sudirman HI dalam sambutan mengatakan, kegiatan ini merupakan aplikasi untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada kalangan pelajar di era modernisasi.

SMAN 5 Adakan Training Motivasi Kewirausahaan - Kabar Harian Bima

“Sasaran kegiatan training, siswa bukan hanya saja sebagai penerima ijazah kelulusan setelah tiga tahun belajar. Tapi lebih menitikberatkan memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga tidak harus bergantung kepada orangtua,” ujarnya.

Sebagai bentuk keseriusan pihak sekolah, siswa yang telah mengikuti training akan dibentuk 45 kelompok usaha kecil. Kemudian dibekali dana modal sebesar Rp 2 juta perkelompok. Sementara aspek bidang kewirausahaan yang dikerjakan, kerajinan, budidaya dan pengolahan hasil pangan. Kemudian di akhir kegiatannya nanti, hasil produk yang telah diolah akan dipasarkan oleh masing-masing kelompok.

Sementara itu, salah satu pemateri kewirausahaan H. Sahbudin mengungkapkan, SMAN 5 Kota Bima telah ditunjuk sebagai salah satu dari lima sekolah kewirausahaan di Provinsi NTB. Kemudian merupakan satu-satunya sekolah yang berada di Pulau Sumbawa, mendapatkan kepercayaan dari kemendikbud untuk menggelar training motivasi kewirausahaan.

“Ini merupakan kepercayaan dari pemerintah pusat, sehingga jajaran sekolah dan juga siswa dapat memanfaatkan dengan baik anggaran yang telah dikucurkan,” harapnya.

*Eric