Kabar Bima

Warga Lereng Tambora Gelar Do’a Pra Panen Kopi

221
×

Warga Lereng Tambora Gelar Do’a Pra Panen Kopi

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebagai bentuk kesyukuran kepada Sang Pencipta terhadap hasil alam berupa kopi dan buah-buahan, warga Lereng Gunung Tambora Desa Oi Bura Kecamatan Tambora menggelar Do’a Dana Pra Panen, Kamis (24/8) kemarin.

Do'a Pra Panen Kopi. Foto: Ady
Do’a Pra Panen Kopi. Foto: Ady

Kegiatan ini dilaksanakan warga di Aula Pasanggarahan Uma Na’e Desa Oi Bura dan difasilitasi PC Lakpesdam NU Kabupaten Bima.

Warga Lereng Tambora Gelar Do’a Pra Panen Kopi - Kabar Harian Bima

“Warga yang hadir berasal dari semua dusun di Desa Oi Bura Tambora. Rata-rata mereka adalah petani kopi dari latar belakang multi etnis,” jelas Ketua PC Lakpesdam NU Kabupaten Bima, Asrul Raman.

Menurutnya, warga Oi Bura sangat merasakan manfaat berkebun kopi di Lereng Tambora. Dari hasil kopi, sebagian besar warga setempat menghidupi keluarganya karena menjadikan mata pencaharian.

“Wilayah Tambora memiliki potensi dan hasil alam luar biasa. Kopi adalah salah satu anugerah dari kesuburan Lereng Tambora yang patut disyukuri,” ujarnya.

Perwakilan warga Oi Bura, Ayatullah mengaku, dari hasil berkebun kopi telah membawa banyak manfaat bagi warga. Kendati kebun kopi belum maksimal terkelola. Sementara ini, dari 500 hektar lahan kopi Hak Guna Usaha (HGU) baru sekitar 100 hektar yang bisa dikelola warga.

“Sebagian juga ada lahan pribadi milik warga. Mudah-mudahan potensi ini terus dilirik Pemerintah Daerah sehingga kesejahteraan warga Tambora meningkat,” harapnya.

*Ady