Kabar Bima

LPPD Kota Bima Akan Dievaluasi Pemprov NTB

240
×

LPPD Kota Bima Akan Dievaluasi Pemprov NTB

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tim evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dalam waktu dekat ini akan mengevaluasi kelengkapan dokumen pendukung setiap SKPD Pemerintah Kota Bima. Itu dilakukan untuk  mencapai sistem pelaporan dan pengelolaan keuangan daerah yang baik dan benar.

Staf Bagian APU Setda Kota Bima tengah mempersiapkan dokumen LPPD. Foto: Eric
Staf Bagian APU Setda Kota Bima tengah mempersiapkan dokumen LPPD. Foto: Eric

“Saat ini seluruh dokumen setiap intansi telah dikumpulkan, tinggal menunggu tim evaluasi Pemprov NTB hadir untuk memeriksa dan melakukan evaluasi,” ujar Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum (APU) Setda Kota Bima, H. Fakharuddin kepada kahaba.net, Senin (5/9).

LPPD Kota Bima Akan Dievaluasi Pemprov NTB - Kabar Harian Bima

Mantan Camat Rasanae Timur itu menuturkan, pemeriksaan dan evaluasi LPPD itu meliputi kelengkapan dokumen pendukung dari Indikator Kinerja Kunci (IKK) setiap SKPD, seperti laporan tentang tataran pengambilan kebijakan, kemudian tataran pengambilan kebijakan administrasi umum dan tataran pelaksanaan kebijakan.

“Pemeriksaan itu wajib dilakukan setelah tiga bulan masa penggunaan anggaran, agar dapat dievaluasi Tim LPPD untuk melihat seperti apa pengelolaan anggaran, apakah sudah dilakukan dengan baik, dan secara transparan,” jelasnya.

Fakhruddin mengatakan, begitu pentingnya evaluasi itu dilakukan, sehingga satuan kerja harus proaktif dalam memberikan data-data yang diperlukan oleh tim LPPD, agar saat pemeriksaan nanti tidak mengalami hambatan.

Setelah hasil evaluasi LPPD Kota Bima rampung dilakukan oleh pemprov NTB, maka hasil tersebut akan kembali diperiksa tim pusat. Sehingga pada akhirnya, bila semua telah dievaluasi. Maka pemerintah pusat akan memberikan penilaian (score), kepada masing-masing pemerintah daerah, termasuk Kota Bima.

“Semoga Pemerintah Kota Bima meraih predikat terbaik pada LPPD tahun 2016 ini,” harapnya.

*Eric