Kabar Bima

Percepat Pembuatan Akta Kelahiran, Dukcapil Turun ke Sekolah

241
×

Percepat Pembuatan Akta Kelahiran, Dukcapil Turun ke Sekolah

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima Andi Sirajudin mengakui telah menerima surat edaran dari Mendagri tentang percepatan pembuatan dokumen Akta dan KTP, khusus umur 0-18 tahun.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima, Andi Sirajudin. Foto: Bin
Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima, Andi Sirajudin. Foto: Bin

Bahkan, secara nasional memberi target penyelesaian urusan keduanya hingga September tahun 2016 sebanyak 77,4 persen. Sementara jumlah anak di Kabupaten Bima sebanyak 173 ribu. Kemudian yang sudah direkam sampai 1 Agustus 2016 lebih kurang 71,4 persen.

Percepat Pembuatan Akta Kelahiran, Dukcapil Turun ke Sekolah - Kabar Harian Bima

“Dalam rangka memeprcepat target itu, kami sudah bersurat ke camat dan sekolah. Guna menghimbau kepada masyarakat dan orangtua siswa untuk segera membuat akta kelahiran,” katanya.

Menurut Andi, untuk pembuatan akta kelahiran, tidak ada kaitan dengan kerusakan alat. Karena yang paling berpengaruh hanya pada pembuatan E-KTP.

Kendati perekaman akta sudah mulai dijalankan dengan terus turun ke sekolah-sekolah. Namun belum maksimal dilakukan untuk mencapai target karena sejumlah kendala.

Untuk itu, dirinya terus menghimbau kepada camat dan Kepala Sekolah untuk meminta kepada orang tua murid segera mengurus akta kelahiran.

*Bin