Kabar BimaBima Kita

Lomba Kareku Kandei dan Rawa Mbojo Digelar

447
×

Lomba Kareku Kandei dan Rawa Mbojo Digelar

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima bersama Majelis Adat Sara Dana Mbojo mengadakan kegiatan lomba Kareku Kandei dan Rawa Mbojo di halaman ASI Mbojo, Kamis malam ( 15/9). Kegiatan tersebut diikuti 18 kecamatan se-Kabupaten Bima.

Lomba Kareku Kandei pada FKN Bima. Foto: Bin
Lomba Kareku Kandei pada FKN Bima. Foto: Bin

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Bima Hj. Indah Dahamayanti Putri, Putra Mahkota XVII Kesultanan Bima Muhammad Putera Ferryandi, Ketua TP. PKK. Kabupaten Bima, seluruh Camat, panitia pelaksana.

Lomba Kareku Kandei dan Rawa Mbojo Digelar - Kabar Harian Bima

Sementara Dewan Juri terdiri dari Aris Gunawan, Abdul karim Azis, H. Anwar, Chairudin dan Khusnul Hotimah.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengatakan, lomba Kareku Kandei dan Rawa Mbojo dalam rangka ikut melestarikan budaya nenek moyang. Karena Kareku Kandei dan Rawa Mbojo sangat terkenal luas masa kerajaan Bima dahulu.

“Selaku kepala daerah menyambut baik gagasan yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang bekerja sama dengan Adat Sara Dana Mbojo, sebagai upaya melestarikan budaya Bima,” ujarnya.

Bupati berharap, semoga kegiatan seperti ini kedepanya dapat terus dilaksanakan. Sehingga pada saatnya nanti, dapat mengenalkan kepada anak cucu agar dapat bersama – sama melestarikan budaya.

Sementara itu, panitia lomba A. Karim mengatakan, kegiatan lomba Kareku Kandei dan Rawa Mbojo juga rangkaian kegiatan penobatan Jena teke (Putra Mahkota) XVII Kesultanan Bima yang akan dilaksanakan tanggal 18 September 2016 di halaman ASI Mbojo.

“Dengan adanya festival seperti ini, mari kita dukung bersama untuk menghidupkan kembali budaya Kareku Kandei dan Rawa Mbojo yang sangat fenomenal,” katanya.

*Bin/Hum