oleh

Ratusan Hektar Lahan Bawang Merah di Lambu Panen

-Kabar Bima-30 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ratusan hektar lahan pertanian bawang merah di Kecamatan Lambu Kabupaten Bima mulai dari Desa Sumi, Rato, Lanta dan Lanta Barat, tengah panen serentak. Panen kali pun diyakini mampu menghasilkan ratusan ton bawang berkualitas.

Foto panen bawang merah di Lambu. Foto: Noval
Foto panen bawang merah di Lambu. Foto: Noval

Petani asal Desa Rato Syarifuddin mengungkapkan, saat ini masyarakat Kecamatan Lambu tengah disibukkan dengan panen bawang merah. Panen sudah dimulai sejak pekan lalu dan hingga saat ini belum selesai.

”Ada yang masih cabut bawang dan ada juga yang tengah mengikat bawang yang sudah lebih dulu kering dijemur,” ungkapnya, Rabu (12/10).

Diperkirakan, hingga dua pekan kedepan petani bawang belum mampu memanen semua bawang. Sebab, petani kesulitan mengajak buruh tani membantu mencabut bawang.

”Bagaimana bisa cepat panen pak, semua orang sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Sehingga sulit mengajak buruh tani untuk membantu mencabut bawang,” ujarnya.

Panen bawang saat ini katanya, merupakan panen terakhir di tahun 2016. Karena sebentar lagi akan datang musim hujan. Petani baru menanam bawang lagi minimal bulan Maret atau April tahun 2017 mendatang.

”Semoga saja, saat panen ini tidak turun hujan,” harapnya.

*Noval

Komentar

Kabar Terbaru