Kabar Bima

Pembekalan Pemilihan Duta Wisata Kota Bima Digelar

307
×

Pembekalan Pemilihan Duta Wisata Kota Bima Digelar

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sekretaris Daerah Kota Bima, H. Muhammad Rum membuka secara resmi pembekalan pemilihan Duta Wisata Kota Bima Tahun 2016, Senin (24/10). Kegiatan bertema ‘Melalui Pemilihan Duta Wisata 2016, Kita Tingkatkan Semangat Cinta Budaya dan Kearifan Lokal Dalam Mewujudkan Generasi Muda Yang Berdaya Saing’ diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bima.

Penyematan Pin oleh Ketua Dekranasda Kota Bima Hj. Yani Marlina kepada peserta pemilihan duta wisata. Foto: Hum
Penyematan Pin oleh Ketua Dekranasda Kota Bima Hj. Yani Marlina kepada peserta pemilihan duta wisata. Foto: Hum

Turut hadir Ketua Dekranasda Kota Bima Hj. Yani Marlina, Budayawan Bima Hasanuddin Wahid, Sponsorship dari BUMN, BUMD, serta sejumlah Pimpinan SKPD, Camat dan Lurah Lingkup Pemerintah Kota Bima.

Pembekalan Pemilihan Duta Wisata Kota Bima Digelar - Kabar Harian Bima

Kepala Disbudpar Kota Bima H. Syukri melaporkan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Disbudpar Kota Bima dengan Dekranasda Kota Bima, dengan tujuan meningkatkan wawasan peserta khususnya di bidang kepariwisataan, agar dapat menjadi duta dan utusan Kota Bima pada event yang lebih tinggi.

Selain itu, untuk meningkatkan wawasan generasi muda yang mampu mengaktualisasikan diri khususnya sebagai Duta Wisata yang berbudaya Bima, memiliki wawasan dan kompetensi, serta berdedikasi dan berdaya saing.

“Peserta kegiatan berjumlah 89 orang terdiri dari siswa  dan siswi SMA, SMK, MAN (sederajat), mahasiswa dan mahasiswi dari Perguruan Tinggi se-Kota Bima,” sebutnya melalui siaran pers Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin.

Adapun penjurian peserta menuju 10 besar akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 25 Oktober 2016 bertempat di Aula Kantor Walikota Bima dan pelaksanaan malam puncak Grand Final akan berlangsung di Paruga Nae Convention Hall pada tanggal 26 Oktober 2016.

Sementara itu, dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kota Bima H. Muhammad Rum menjelaskan, kegiatan pemilihan putera puteri duta wisata merupakan ajang dimana generasi muda diberi ruang untuk berekspresi, mempresentasikan tentang pemahaman bidang seni dan budaya serta potensi wisata yang ada di Kota Bima. Hal ini mengingat pembangunan pariwisata tidak akan berjalan baik tanpa diimbangi dengan pembangunan SDM pariwisata.

“Tanpa memiliki SDM yang handal sulit membangun dunia pariwisata dengan sukses,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kerusakan yang terjadi di kalangan generasi muda sebagai bagian terkecil dan kurangnya nilai-nilai budaya yang tertanam pada para generasi, sehingga budaya yang seharusnya menjadi filter tidak dimiliki oleh generasi bangsa.

“Oleh karena itu, nilai budaya perlu ditanamkan kepada generasi sejak dini,” ungkapnya.

Disampaikan Sekda, sebagai duta wisata, selain harus mampu mempromosikan dunia wisata daerahnya, juga harus mampu membantu pemerintah daerah mengajak warga untuk menjaga budaya bersih, indah, dan tertib, yang akhirnya menghasilkan masyarakat yang bersih, bermoral, serta bermental baik.

Menurutnya, esensi utama pemilihan duta wisata agar generasi dapat menjadi pioneer yang membawa perubahan baik dalam pribadi dan tingkah laku para generasi muda, karena setelah mengikuti ajang pemilihan duta wisata, rasa cinta budaya menjadi semakin mengental di dalam diri.

Sekda berharap kepada para peserta agar kegiatan pembekalan ini dapat diikuti dengan serius agar siapapun yang terpilih menjadi juara nanti dapat menjadi duta Kota Bima yang memiliki kemampuan handal dalam mempresentasikan pariwisata Kota Bima, karena duta Kota Bima ke depan diharapkan benar-benar berfungsi sebagai duta pariwisata dan duta budaya

Pada kesempatan ini pula dilakukan penyematan tanda peserta kepada dua orang perwakilan peserta duta wisata oleh Sekretaris Daerah Kota Bima dan Ketua Dekranasda Kota Bima.

*Bin/Hum