oleh

Dikpora Gelar Sosialisasi Penguatan Pendidikan Keluarga

-Kabar Bima-2 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Pembukaan sosialisasi penguatan pelaku pendidikan keluarga, di satuan pendidikan tingkat Kota Bima diselenggarakan di Bima Tirta Kecamatan Asakota, Kamis (27/10).

Sosialisasi Penguatan Pendidikan Keluarga. Foto: Eric
Sosialisasi Penguatan Pendidikan Keluarga. Foto: Eric

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Dikpora H. Alwi Yasin, didampingi Kepala bidang PNFI Hj. Dewi Triyani, bersama nara sumber dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ady Sutrisno dan dihadiri unsur pendidik tingkat PAUD, PKBM, SD, SMP, SMA, sederajat SMK dan pengawas yang berjumlah sebanyak 271 orang peserta.

Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, H. Alwi Yasin mengatakan, pendidikan keluarga berawal dari orang tua. Keterikatan anak dengan orang tua menjadi landasan kuat dalam menghadapi lingkungan sosial kemasyarakatan. Orang tua merupakan pendidik pertama yang akan berpengaruh untuk kehidupan berikutnya.

Kegiatan ini, menurut Alwi, menjadi tujuan untuk membentuk karakter generasi anak bangsa yang lebih baik, mempunyai rasa nasionalisme tinggi, bermartabat, dan santun.

“Tujuan mendasar sosialisasi ini meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga dan mendorong satuan pendidikan serta lembaga pendidikan untuk melakukan proses pendidikan yang mendukung penumbuhan nilai budi pekerti dan budaya prestasi peserta siswa,” jelasnya.

Sementara itu Kabid PNFI Hj. Dewi Triyani menyatakan, pembangunan yang paling baik adalah dimulainya pendidikan karakter dari anak usia dini. Memulainya, dari lingkungan keluarga. Artinya keluarga menjadi pondasi dasar, dan orang tua menjadi orang pertama yang melakukan pembinaan prilaku yang santun, berani, tanggung jawab dan beretika.

“Melalui pendidikan keluarga yang diterapkan sejak dini kepada siswa, maka akan membentuk karakter peserta didik yang tangguh dan disiplin dimasa depan,” katanya.

*Eric

Komentar

Kabar Terbaru