Kabar Bima

Kedubes AS Akan ke Kota Bima, Belajar Kerukunan Beragama

269
×

Kedubes AS Akan ke Kota Bima, Belajar Kerukunan Beragama

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- November ini, Kedutaan Besar (Kedubse) Amerika Serikat (AS) bakal mengunjungi Kota Bima. Rencananya, Kedubes ingin belajar tentang kerukunan umat beragama id Kota Tepian Air tersebut.

Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar. Foto: Ady
Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar. Foto: Ady

“Kepastian kedatangan Kedubes AS setelah ada komunikasi dengan pihak Komjen AS beberapa bulan sebelumnya. Agendanya, ingin mengetahui sekaligus mempelajari kerukunan umat beragama di Kota Bima,” ujar Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Bima, Eka Iskandar kepada kahaba.net, Sabtu (5/11).

Kedubes AS Akan ke Kota Bima, Belajar Kerukunan Beragama - Kabar Harian Bima

Kata dia, kenapa Kedubes AS memilih Kota Bima, karena Kota Bima merupakan salah satu daerah yang memiliki keragaman agama, suku, budaya dan etnis. Sehingga menjadi lokasi yang penting untuk dipelajari. Dengan kehidupan yang multi perbedaan tersebut, warganya tetap bisa hidup saling berdampingan dalam menjalankan hidup.

“Mereka sangat tertarik untuk mempelajari pola keberagaman antaragama disini,” katanya.

Kunjungan tersebut tentunya menjadi kebanggan NTB lebih khusus Kota Bima. Karena menjadi salah satu wilayah yang mempunyai harmonisasi hubungan sosial kemasyarakatan, meskipun banyak memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Perbedaan juga bisa diselesaikan dengan baik.

Sambungnya, Kedubes AS juga sangat mengapresiasi atas cara-cara Indonesia dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama, salah satunya tentu Kota Bima yang telah memiliki FKUB, sebagai bentuk kerja sama yang baik antar pemeluk agama dalam menjaga kerukunan.

“Kondisi ini mendapat kepercayaan dari Mendagri, bila ingin belajar kerukunan umat harus kunjungi Kota Bima,” tambahnya.

*Eric