oleh

DirLantas Polda NTB Pantau KTL di Kota Bima

-Kabar Bima-15 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.-  Kasubdikyasa Dirlantas Polda NTB, AKBP Lalu Adnan memantau langsung kondisi Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di Jalan Soekarno-Hatta di Kota Bima, Rabu (30/11). Pemantauan ini dilakukan bersama Akademisi Unram beserta Pengamat Transportasi.

DirLantas Polda NTB saat memantau KTL di Kota Bima. Foto: Deno
DirLantas Polda NTB saat memantau KTL di Kota Bima. Foto: Deno

Tujuannya mengambil data para pengguna jalan atau para pengendara yang mentaati aturan lalu lintas di jalan utama yang berjarak kurang lebih 700 meter tersebut. Mulai dari Taman Ria perempatan sebelah timur Kantor Walikota Bima.

Kasubdikyasa Dirlantas Polda NTB AKBP Lalu Adnan mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari kontrol Kepolisian. Khususnya di Bagian Sat Lantas untuk melihat langsung sejauhmana masyarakat menjadikan jalur KTL sebagai jalur contoh bagi jalur lain dalam menaati peraturan lalulintas.

Menurutnya, jalur KTL merupakan jalur utama yang penting untuk diterapkan pematuhan terhadap aturan berlalulintas. Semua ini demi menekan terjadinya kecelakaan lalulintas yang sering terjadi.

Masyarakat diharapkan memperhatikan aturan yang sudah diterapkan dalam berkendara. Seperti melengkapi helm muka belakang, kelengkapan surat kendaraan, memiliki SIM, dan menyalakan lampu baik siang hari maupun malam hari.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap keselamatan masyarakat saat berkendara. Teguran dari kami sangat penting untuk dijadikan pelajaran bagi masyarakat, karena itu semua demi kepentingan mereka sendiri,” terangnya.

Diakuinya, keterlibatan para Akademisi dari Unram dan Pengamat Transportasi bermaksud untuk mengambil data sebagai bahan laporan. Data itu nantinya diajukan pada pemerintah terkait hal apa saja yang dibutuhkan masyarakat dalam berlalu lintas. Baik pengadaan rambu penunjuk jalan, maupun besar kecilnya jalan yang dilalui oleh masyarakat.

Pihaknya berharap, data yang dijadikan laporan ini akan diperhatikan oleh pemerintah. Selain itu masyarakat diharapkan tetap menjaga keselamatan dan selalu mematuhi aturan lalu lintas yang sudah diterapkan.

“Baik diterapkan lewat sosialisasi maupun yang diterapkan lewat teguran saat mengendarai kendaraan,” tuturnya.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru