Kabar Bima

Tim Akreditasi Kunjungi RSUD Bima

202
×

Tim Akreditasi Kunjungi RSUD Bima

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit, hadir di Bima Kamis (1/12). Kedatangan selama 3  hari, mulai dari tanggal 1  sampai dengan 3 Desember 2016, untuk melihat dari dekat pelayanan dan infrastruktur serta SDM dan mengetahui secara langsung pelayanan pasien dan pemenuhan standar oleh manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bima.

Pertemuan Tim Akreditasi dan Bupati Bima beserta jajaran di RSUD Bima. Foto: Hum
Pertemuan Tim Akreditasi dan Bupati Bima beserta jajaran di RSUD Bima. Foto: Hum

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri dalam pengantar penerimaan Tim Akreditasi mengatakan, dengan dilakukan akreditasi ini kedepan pemerintah daerah berharap status RSUD dapat ditingkatkan dari tipe C menjadi tipe B, sehingga mutu pelayanan dan kinerja tenaga medis dapat terus dipacu.

Tim Akreditasi Kunjungi RSUD Bima - Kabar Harian Bima

“Kehadiran tim ini merupakan salah satu momen yang baik bagi para dokter untuk menyerap ilmu. Selanjutnya dapat diterapkan dalam memberikan pelayanan terbaik, selain bagi kepentingan peningkatan status akreditasi rumah sakit,” ujarnya.

Ketua Tim Akreditasi Rumah Sakit Meliana Zaini memaparkan, kegiatan akreditasi rumah sakit mencakup penilaian atas kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan. Di satu sisi lanjutnya, masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu dan dapat menjawab kebutuhan mereka.

“Itulah sebabnya penilaian terhadap peran dan fungsi manajemen RS perlu dilakukan oleh pihak eksternal, dengan menggunakan standar yang ditetapkan yaitu melalui mekanisme akreditasi,” katanya.

Ditambahkan Meliana, salah satu tujuan  akreditasi dimaksudkan untuk memberikan peningkatan mutu pelayanan, manajemen resiko, dan keselamatan pasien yang diterapkan dalam pemberian pelayanan kesehatan yang komperehensif.

“Hal ini juga dalam rangka pembinaan peningkatan mutu dan kinerja dalam memberikan  pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Bima H. Ihsan dalam pengantarnya mengatakan, atas nama jajaran RSUD Bima menyampaikan ucapan selamat datang kepada para Tim akreditasi, dalam rangka menilai RSUD Bima. Dirinya berharap kedepan setelah tahapan akreditasi dilakukan, status RSUD Bima yang semulai tipe C dapat meningkat akreditasinya menjadi tipe B.

Untuk meningkatkan pelayanan medis kepada masyarakat, pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan 2 unit ambulans oleh Bupati Bima kepada Direktur RSUD Bima.

*Kahaba-01/Hum