Kabar Bima

SMI Gelar Rakernas ke-V di Kota Bima

273
×

SMI Gelar Rakernas ke-V di Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke- V di Bima Tirta Kota Bima, Jumat (16/12).

SMI Gelar Rakernas ke-V di Kota Bima - Kabar Harian Bima
Rakernas SMI di Kota Bima. Foto: Ompu

Rakernas yang dihadiri puluhan kader SMI seluruh Indonesia tersebut mengangkat tema ‘Perkuat Organisasi dan Radikalisasi Gerakan Mahasiswa Dalam Mempertajam Krisis Kapitalisme’.

SMI Gelar Rakernas ke-V di Kota Bima - Kabar Harian Bima

Ketua UMUM SMI, Nunung Lestari kepada Kahaba.net mengungkapkan, Agenda Rakernas V SMI yang diadakan di Kota Bima dalam agenda Rakernas ke-V mendorong kampanye pembangunan politik alternatif, sebagai lawan tanding dari partai politik borjuasi dari dinamika politik yang didominasi oleh kapitalisme internasional.

“SMI secara nasional fokus pada penuntasan kasus pendidikan yang semakin hari semakin didorong pada mekanisme pasar bebas dengan beberapa UU yang memperkuat posisi modal. Seperti UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, UU PT Nomor 12 Tahun 2012 dan PERMENDIKBUD Nomor 55 dan 49 tentang UKT dan BKT,” katanya, Jumat (16/12).

Selain fokus isu pendidikan, SMI juga mendorong pengintegrasian gerakan rakyat pada persoalan perburuhan yang masih dibelenggu oleh satu mekanisme politik upah murah, outcorsing, kerja kontrak dan beberapa rencana pemerintah dalam merevisi UU Nomor 13 tentang Ketenagakerjaan yang terdiri dari pemangkasan hak sejahterah, kesehatan, Jamsostek, dan jaminan hari tua serta aturan tentang cuti hamil, haid bagi buruh perempuan.

“Tidak ada jalan lain dalam menumbangkan rezim komporador kapitalisme selain dengan membangun kekuatan politik alternatif dikubu gerakan mahasiswa dan gerakan buruh serta rakyat,” tegasnya.

*Kahaba-09