Kabar Bima

Ternyata Gempa Bumi Guncang, Bali, NTB dan NTT

269
×

Ternyata Gempa Bumi Guncang, Bali, NTB dan NTT

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi  terjadi pada pukul 06:30:19 Wita Jumat (30/12) dengan kekuatan M=6.6 Skala Richter, episenter terletak pada koordinat 9.37 LS dan 118.63 BT, pada kedalaman 91 km. Gempa bumi tektonik Hari ternyata mengguncang wilayah Bali, NTB dan NTT. (Baca.  Usai Banjir, Kota Bima Diguncang Gempa Bumi)

Ternyata Gempa Bumi Guncang, Bali, NTB dan NTT - Kabar Harian Bima
Ilustrasi

Menurut pejabat BMKG Bima Daryatno mengutip rilis dari Stasion geofisika mataram, dampak gempa bumi berupa guncangan lemah hingga sedang dirasakan di daerah Kuta-Bali, Gianyar, Denpasar, Mataram, Bima, Waingapu, Waikabubak, Labuan Bajo, Ruteng dalam skala intensitas  II SIG BMKG atau (II-V MMI). (Baca. Gempa Bumi di Kota Bima 6,6 SR)

Ternyata Gempa Bumi Guncang, Bali, NTB dan NTT - Kabar Harian Bima

“Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh hampir semua orang,” kutipnya.

Sambung dia, Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi, hasil interaksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, hingga laporan ini disusun pada pukul 07:10 Wita baru sekali terjadi aktivitas gempa bumi susulan (M=3.8). Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir Barat Laut Sumba dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami dan kejadian gempa bumi susulan memiliki kekuatan yang lebih kecil dari gempa bumi utama,” imbaunya.

*Kahaba-09