Kabar Bima

BMKG: Info Gempa Bumi Susulan dan Tsunami di Bima, HOAX

306
×

BMKG: Info Gempa Bumi Susulan dan Tsunami di Bima, HOAX

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Menanggapi informasi palsu atau Hoax yang beredar mengenai gempa bumi susulan yang akan terjadi Sabtu tanggal 31 Desember 2016 pukul 03.00 Wita, dikawasan Bima dan sekitarnya, BMKG Stasiun Geofisika Mataram memberikan penjelasan. (Baca.  Usai Banjir, Kota Bima Diguncang Gempa Bumi)

BMKG: Info Gempa Bumi Susulan dan Tsunami di Bima, HOAX - Kabar Harian Bima
Ilustrasi

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Dariyatno menegaskan, BMKG membantah beredarnya informasi soal gempa bumi dan tsunami yang bakal terjadi di kawasan Bima dan sekitarnya. (Baca.  Gempa Bumi di Kota Bima 6,6 SR)

BMKG: Info Gempa Bumi Susulan dan Tsunami di Bima, HOAX - Kabar Harian Bima

“Informasi tersebut tidak benar. Gempa bumi tektonik tidak dapat diprediksi kapan, dimana dan berapa kekuatannya,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (30/12).

Kata dia, informasi terebut tidak memiliki dasar ilmiah yang jelas, karena sampai saat ini belum ada negara dengan tekhnologi apapun didunia yang mampu memprediksi kejadian gempa bumi. (Baca. Ternyata Gempa Bumi Guncang, Bali, NTB dan NTT)

“BMKG merupakan satu satunya instansi resmi guna menginformasikan kejadin gempa bumi maupun tsunami,” jelasnya.

Untuk itu, ia menghimbau agar masyarakat melihat informasi di web resmi BMGK www.bmkg.go.id. Dan Bagi masyarakat Bima dan sekitarnya diharapkan tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu yang tidak bertanggungjawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

*Kahaba-01