Kabar Bima

Laut Mendukung, Nelayan Bima Panen Cakalang

247
×

Laut Mendukung, Nelayan Bima Panen Cakalang

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.-Setelah beberapa hari tidak mendapatkan hasil tangkapan ikan yang maksimal, sejumlah nelayan yang berada di sekitar wilayah utara teluk Bima kini bergembira. Pasalnya sejak melaut pada Rabu malam (12/9), hasil tangkapan ikan mereka mencapai 5 ton. Tentunya ini sangat menggembirakan, karena tidak seperti hari biasanya hasil tangkapan ikan hanya sekitar 1 ton saja.

Laut Mendukung, Nelayan Bima Panen Cakalang - Kabar Harian Bima
Nelayan saat mengangkut hasil tangkapan di pelabuhan Bima / foto: Agus

Salah seorang nelayan asal Bajo, Baharudin (50) yang ditemui Kahaba di Pelabuhan Bima mengungkapkan bahwa dirinya dan nelayan lain sangat gembira dengan hasil tangkapannya sejak melaut tadi malam. Ikan hasil tangkapan mereka lebih banyak beberapa kali lipat jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Laut Mendukung, Nelayan Bima Panen Cakalang - Kabar Harian Bima

Bahkan Baharudin berhasil mengumpulkan sampai 5 ton ikan cakalang dalam waktu semalam. Pada hari biasa, pria yang disapa baha ini mengaku hanya bisa membawa pulang sekitar satu ton saja. “Alhamdulillah, hasil tangkapan cakalang kali ini melimpah, ini juga karena kondisi angin muson selatan yang sangat mendukung saat kami melaut,” ujarnya.

Kondisi yang sama juga dialami Maman (38), asal Bajo. Nelayan pemilik perahu bagan ini juga memperoleh hasil yang tidak sedikit  dari melimpahnya hasil laut tersebut. “Setiap nelayan memperoleh keuntungan berkisar Rp.150 ribu per baskom pada pagi hari. Sedangkan pada siang harinya hanya Rp. 50 ribu saja”, jelasnya. [BM]