Kabar Bima

Roboh Saat Banjir, Jembatan Kawangge Butuh Perhatian

221
×

Roboh Saat Banjir, Jembatan Kawangge Butuh Perhatian

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Jembatan yang terletak di sungai Kawangge Desa Sampungu Kecamatan Soromandi yang roboh saat banjir, hingga hari ini belum juga dibangun kembali oleh Pemerintah.

Roboh Saat Banjir, Jembatan Kawangge Butuh Perhatian - Kabar Harian Bima
Jembatan Kawangge roboh diterjang banjir. Foto: Noval

Menurut warga setempat Dafrin, jembatan sepanjang 20 meter itu masih dalam kondisi rusak. Hingga saat ini, jembatan itu belum juga diperbaiki pemerintah Provinsi NTB.

Roboh Saat Banjir, Jembatan Kawangge Butuh Perhatian - Kabar Harian Bima

“Kondisi jembatan ini jadi ancaman besar bagi ratusan lahan persawahan milik warga di So Panco,” ungkapnya, Rabu (18/01).

Diakuinya, saat jembatan itu roboh, belasan hektar lahan persawahan warga direndam banjir. Kerugian yang dialami pemilik lahan ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Selain itu lanjut Dafrin, akses jalan yang menghubungkan antara Desa Sampungu dan Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu, lumpuh. Beruntung, tanah warga yang berdekatan dengan jembatan itu mau dijadikan jalan alternatif.

“Banyak terjadi kecelakaan pada jalan alternatif yang dibuat warga. Tapi mau bilang apa,” keluhnya.

Dia berharap, Bupati Bima menyampaikan ke Gubernur NTB agar jembatan itu segera dibangun kembali dan membuat bronjong di sungai setempat.

“Hanya itu harapan besar kami. Kalau lahan jembatan itu tidak segera dibangun kembali, maka lahan persawahan warga akan terus terkikis banjir,” katanya.

*Kahaba-02