Kabar Bima

Kementan Segera Salurkan Bibit untuk 725 Lahan Pertanian

251
×

Kementan Segera Salurkan Bibit untuk 725 Lahan Pertanian

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia akan segera menyalurkan bibit untuk membantu lahan pertanian terdampak banjir di Kota Bima seluar 725 hektar (Ha).

Kementan Segera Salurkan Bibit untuk 725 Lahan Pertanian - Kabar Harian Bima
Perwakilan Kementan RI saat menyerahkan bantuan bibit secara simbolis di Kantor Dinas Pertaninan Kota Bima. Foto: Ady

“Penyaluran bibit itu akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama kita salurkan 10,4 Ton untuk 416 Ha dan menyusul untuk 309 Ha,” kata Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementan RI, Dwi Iswari saat berkunjung ke Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima, Rabu (18/1) pagi.

Kementan Segera Salurkan Bibit untuk 725 Lahan Pertanian - Kabar Harian Bima

Dijelaskannya, bantuan bibit dari Cadangan Benih Nasional (CBN) tersebut akan segera disalurkan kepada Kelompok Tani Kota Bima beberapa hari ke depan. Saat ini, kebutuhan bibit tersebut telah diusulkan dan disetujui Kementan RI.

“Penyaluran bibit ke Kelompok Tani nanti akan didampingi Babinsa TNI, Lurah, Kepala UPT dan Ketua Kelompok Tani,” jelas Dwi Iswari didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Hj Rini Indriani dan Kepala BKP2 Kota Bima, Syamsudin.

Selain bantuan bibit kata dia, pendampingan terhadap para petani juga akan tetap dilakukan sebagai upaya recovery (pemulihan) pasca banjir. Namun, tentunya bantuan dalam bentuk lain akan masuk melalui bidang dan kementerian lain.

“Kalau bidang tanaman pangan hanya membantu bibit. Tapi tentunya bantuan lain seperti kerusakan infrastruktur, kerusakan tanaman, ternak dan sebagainya tetap akan ada melalui jalur lainnya,” terang dia.

*Kahaba-03