Kabar Bima

SK Saber Pungli Terbit, ASN Nakal Hati-Hati

254
×

SK Saber Pungli Terbit, ASN Nakal Hati-Hati

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pejabat dan jajaran ASN kini tidak lagi bisa sesuka hati memangkas dan memungut biaya tanpa dasar hukum yang jelas. Jika itu masih saja terjadi, maka Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli akan mengambil tindakan tegas.

SK Saber Pungli Terbit, ASN Nakal Hati-Hati - Kabar Harian Bima
Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri. Foto: Ady

Kini, Pemerintah Kabupaten Bima telah mengeluarkan SK Tim Saber Pungli. Tim yang diketuai langsung oleh Wakib Bupati Bima H. Dahlan M. Noer itu pun sudah mulai bekerja. Tim itu juga beranggota jajaran Polisi dan Jaksa.

SK Saber Pungli Terbit, ASN Nakal Hati-Hati - Kabar Harian Bima

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengakui, telah menerbitkan SK Tim Saber Pungli. Tim juga sudah menjalankan tugasnya untuk menindak siapapun yang Pungli, baik itu di SKPD maupun sekolah.

“Pungli itu prilaku buruk, tidak boleh dibiarkan. Makanya pejabat dan ASN bekerja hati – hati, jika terbukti pungli Tim Saber ini akan menjeratnya,” tegas Bupati.

Kata Bupati, Tim Saber Pungli dibentuk guna menindak adanya pejabat dan ASN nakal dan sesuka hati memungut biaya. Padahal, biaya tersebut tidak tertuang dalam aturan.

Ditanya soal instansi mana di Kabupaten Bima yang rawan Pungli, Bupati tidak menjelaskan secara rinci. Namun, Pungli bisa saja terjadi di semua Dinas dan sekolah yang ada.

Bupati menambahkan, Tim Saber Pungli juga diharapkan bisa bekerja maksimal. Sehingga Kabupaten Bima juga bebas dari pungli.

*Kahaba-02