Kabar Bima

Hujan dan Angin Kencang, Jagung di Lahan Puluhan Hektar Tumbang

342
×

Hujan dan Angin Kencang, Jagung di Lahan Puluhan Hektar Tumbang

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Hujan dan angin kencang yang mengguyur wilayah Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, Kamis (26/01) kemarin menyebabkan jagung yang ditanam warga Desa Dori Dungga pada lahan sekitar 30 Hektar, tumbang.

Hujan dan Angin Kencang, Jagung di Lahan Puluhan Hektar Tumbang - Kabar Harian Bima
Jagung tumbang diterpa angin kencang. Foto: Noval

Camat Donggo, Abubakar yang dikonfirmasi mengungkapkan, hujan disertai angin kencang mulai menghantam tanaman jagung setempat pukul 10.00 Wita hingga pukul 19.00. Akibatnya, tanaman jagung tersebut tumbang.

Hujan dan Angin Kencang, Jagung di Lahan Puluhan Hektar Tumbang - Kabar Harian Bima

“Sudah saya perintahkan semua PPL di Donggo untuk mengecek dan menghitung kerugian petani akibat cuaca buruk ini,” ungkapnya, Jum’at (27/01).

Hasil pengecekan petugas PPL di lapangan, kerugian petani jagung diperkirakan dari luas area yang rusak sekitar 30 Hektar, yakni 1 Hektar mencapai 7 Ton dan 1 Ton kalau diuangkan mencapai Rp 2.500.000.

“Berarti, kalau 30 Hektar dikali 7 Ton per hektar, maka kerugian secara keseluruhan mencapai Rp. 500 lebih juta,” sebutnya.

Dia menambahkan, terkait adanya bencana tersebut, pihaknya telah melaporkan ke Bupati Bima dan Wakil Bupati Bima meski melalui handphone.

“Sudah kami laporkan sejak kemarin soal ini,” tambahnya.

*Kahaba-02