Kabar Bima

PKK NTB Roadshow di Kota Bima

276
×

PKK NTB Roadshow di Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi NTB melaksanakan Roadshow dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 Tahun 2017 Program Keluarga Berencana dan Kesehatan (KB-Kes) di Kota Bima.

PKK NTB Roadshow di Kota Bima - Kabar Harian Bima
Foto bersama usai roadshow PKK NTB Kota Bima. Foto: Hum

Rombongan TP PKK Provinsi NTB yang dipimpin Wakil Ketua I Hj. Syamsiah M. Amin tiba di Kota Bima Senin (20/2), diterima oleh Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais di aula kantor Walikota Bima.

PKK NTB Roadshow di Kota Bima - Kabar Harian Bima

Ketua TP PKK Kota Bima melaporkan, pelayanan KB pada kegiatan HKG ke-45 di Kota Bima menunjukkan hasil yang menggembirakan. Cakupan akseptor layanan KB yang terkonsentrasi di Puskesmas Penanae telah mencapai 220 akseptor, melebihi target awal sebanyak 150 akseptor.

Selain itu, juga dilaksanakan berbagai pembinaan di 5 Kecamatan diantaranya pembinaan majelis taklim di Musholla Al-Hikmah Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba; pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K-PKK) di Kecamatan Asakota; sosialisasi Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK dengan program “Tancabgas” (Tanam Cabe Terintegrasi Unggas) di Kelurahan Santi Kecamatan Mpunda, dan pembinaan persiapan lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) di Kelurahan Lampe Kecamatan Rasanae Timur.

Plt. Sekda Kota Bima Muhtar Landa menyampaikan ucapan terima kasih atas pembinaan dan dukungan TP PKK Provinsi NTB kepada TP PKK Kota Bima. Ia juga menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi NTB yang telah membantu selama masa tanggap darurat bencana banjir tahun 2016.

Ia memuji keberadaan PKK yang menjadi mitra yang baik dalam melaksanakan berbagai agenda pemerintah daerah, sehingga banyak prestasi yang berhasil dicapai bersama. Khusus pada bidang pelayanan KB, Kota Bima telah diakui oleh pemerintah pusat dengan dianugerahkannya penghargaan Satyalancana Pembangunan bidang kependudukan oleh Presiden RI kepada Walikota Bima.

“Program pembinaan yang dilaksanakan oleh PKK kepada masyarakat cukup berhasil, baik itu kegiatan pemberdayaan perekonomian rumah tangga, keluarga berencana serta edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Ini tidak terlepas dari dengan bimbingan dan dukungan dari TP PKK Provinsi NTB,” puji Sekda.

Wakil Ketua I TP PKK Provinsi NTB menjelaskan, kegiatan roadshow dilaksanakan dalam rangka pembinaan, sosialisasi sekaligus penyuluhan atas sepuluh program pokok PKK.

Mewakili Ketua TP PKK Provinsi NTB, ia menyerahkan bibit cabai kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai bagian dari program Hatinya PKK. Sesuai kesepakatan yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) yang ditandatangani oleh Ketua TP PKK Provinsi NTB dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian, tiap rumah akan menerima lima pohon cabai. Ia juga menyerahkan bantuan makanan pengganti (MP) ASI untuk ibu hamil dan balita.

”Kalau satu pohon cabai saja bisa menghasilkan satu kilo cabai maka lima pohon cabai dapat menghasilkan lima kilo cabai. Disamping bisa dikonsumsi, cabainya juga bisa dijual untuk membantu perekonomian keluarga”, ujar Hj. Syamsiah M. Amin.

Mengakhiri sambutannya, Hj. Syamsiah berpesan agar TP PKK memperbanyak sosialisasi atau penyuluhan khususnya terkait berbagai program pemerintah.

*Kahaba-01/Hum