Kabar Bima

Operasi Simpatik Gatarin 2017, Satlantas Kedepankan Cara Humanis 

244
×

Operasi Simpatik Gatarin 2017, Satlantas Kedepankan Cara Humanis 

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran Satlantas Polres Bima Kota mulai menggelar Operasi Simpatik Gatarin 2017 yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Operasi yang melibatkan instansi lain tersebut dimulai 1 -21 Maret 2017. Sementara metode operasi kali ini, tim akan mengedepankan cara-cara yang humanis.

Operasi Simpatik Gatarin 2017, Satlantas Kedepankan Cara Humanis  - Kabar Harian Bima
Petugas Satlantas Polres Bima Kota saat mengunci helm pengendara saat Operasi Simpatik Gatarin 2017. Foto: Dok. Polres Bima Kota

Kasat Lantas Polres Bima Kota, AKP I Made Hendra SIK mengungkapkan, operasi yang digelar selama 21 hari tersebut lebih mengedepankan cara humanis. Memberikan pencerahan dan teguran kepada pelanggar lalu lintas.

Operasi Simpatik Gatarin 2017, Satlantas Kedepankan Cara Humanis  - Kabar Harian Bima

“Ini bertujuan menekan angka pelanggaran lalulintas dan angka kriminal,” ujarnya, Rabu (1/3).

Diakuinya, operasi yang melibatka Sat Lantas, TNI, Brimob dan Dishub Kota Bima itu disamping mempraktikan metode humanis, penindakan hukum juga akan tetap dilakukan. Guna, memberi efek jera kepada pengendara yang melanggar lalu lintas. Terutama pelanggar kasat mata, tidak menggunakan helm standar saat berkendaraan.

“Kami akan tindak tegas pengendara yang tidak menggunakan helm. Karena dari kasat mata sudah menunjukan pelanggaran,” tegasnya.

Sementara soal kelengkapan kendaraan dan surat kendaraan sambung Made, merupakan pelanggaran, setelah dilakukan penindakan kepada pelanggar kasat mata. Sebab, tidak mungkin petugas dari pandangan jauh dapat mengetahui pengendara mengantungi surat dan kelengkapan kendaraan atau tidak. Maka, pengendara yang tidak menggunakan helm inilah sasaran utamanya, baru dapat menanyakan kelengkapan kendaraan.

“Meski metode humanis diutamakan, tetapi pokok masalahnya tidak diabaikan,” tutur Made.

*Kahaba-09