Kabar Bima

Meriahkan Gebyar PAUD, Dikbud Gelar Lomba Kreatifitas Anak

342
×

Meriahkan Gebyar PAUD, Dikbud Gelar Lomba Kreatifitas Anak

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima menggelar Gebyar PAUD Kota Bima Tahun 2017, yang diwarnai dengan berbagai lomba kreativitas anak TK/PAUD, di aula TK Pembina 1 Raba, Kamis (16/3).

Meriahkan Gebyar PAUD, Dikbud Gelar Lomba Kreatifitas Anak - Kabar Harian Bima
Bunda PAUD Hj. Yani Marlina Saat menyampaikan sambutan. Foto: Hum

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta itu dibuka Asisten I Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra M. Farid. Juga turut dihadiri oleh Bunda PAUD Kota Bima Hj. Yani Marlina, Ketua GOW Hj. Badrah Ekawati A. Rahman, perwakilan BUMN/BUMD dan beberapa pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima.

Meriahkan Gebyar PAUD, Dikbud Gelar Lomba Kreatifitas Anak - Kabar Harian Bima

“Lomba ini bertujuan untuk memberikan stimulasi keterampilan dan kecerdasan pada usia dini. Selain itu, lomba kreativitas anak ini memberikan peluang anak usia dini untuk menunjukkan kebolehannya,” ujar Farid.

Sementara itu Bunda PAUD Hj. Yani Marlina menyampaikan, pendidikan PAUD berfungsi sebagai dasar untuk menuju jenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar. Festival Gebyar PAUD diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong anak-anak membangun kreativitas.

“PAUD merupakan tempat bermain dan juga belajar membentuk karakter, karena itu kita harus mengarahkan anak-anak usia PAUD pada hal-hal yang baik,” katanya.

Dikatakan isteri dari HM. Qurais itu, orang tua dan para guru harus terus melatih dan membujuk anak-anak yang masih malu untuk tampil di hadapan banyak orang, karena semakin sering tampil maka rasa percaya diri juga akan tumbuh.

“Para orang tua perlu memberikan apresisasi khusus kepada anak-anak karena sudah menunjukkan keberanian mereka. Anak-anak ini harus tetap disayang dan dimotivasi untuk berani tampil,” bebernya.

Sementara itu Koordinator penyelenggara kegiatan Hj. Nurhaidah didampingi kasi Kasi PTK. PAUD Zailan menjelaskan, jumlah peserta lomba setiap tahun semakin meningkat. Artinya minat dan bakat siswa terus terasah, berkat penyelenggaraan lomba secara intens.

“Lomba kreativitas anak merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Kota Bima ke-15. Agendanya diisi lomba menari yang diikuti oleh 18 peserta, lomba menggambar yang diikuti oleh 97 peserta serta lomba menyanyi solo diikuti oleh 91 peserta,” sebutnya.

*Kahaba-04