Kabar Bima

Diklat PUD dan UMKM Digelar

221
×

Diklat PUD dan UMKM Digelar

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima H. Nurdin, membuka secara resmi kegiatan Diklat Pengolahan Produk Unggulan Daerah (PUD) bagi UMKM se- Kabupaten Bima, di Aula Hotel La Ila Kota Bima, Senin (20/3).

Diklat PUD dan UMKM Digelar - Kabar Harian Bima
Diklat PUD dan UMKM. Foto: Hum

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala DInas Koperasi dan UMKM beserta jajarannya, para peserta Diklat dari 30 orang pengelola UMKM yang berada di kecamatan se – Kabupaten Bima.

Diklat PUD dan UMKM Digelar - Kabar Harian Bima

Nurdin dalam arahan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bima telah berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan koperasi dan UMKM, terutama bidang pengolahan produk unggulan dalam mengembangkan usaha. Perkuatan produk unggulan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pelatihan – pelatihan bagi UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Bima, sehingga para pengelola UMKM dapat mendapatkan ilmu pengetahuan terkait dengan tata cara melakukan pengolahan.

“Diklat yang diselenggarakan ini selain mengemas produk usaha dengan lebih baik, juga dalam rangka perkuatan produk pengolahan bagi UMKM. Pelatihan seperti ini dapat mengembangkan usaha melalui kegiatan kemitraan, pameran, Bazar serta pasar rakyat bagi pelaku usaha UKM,” jelasnya.

Menurut Nurdin, program yang dilaksanakan ini merupakan program yang sangat strategis bagi pemerintah Kabupaten Bima. Mengoptimalisaasi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah guna menggerakan roda ekonomi masyarakat pengelolaan dan memiliki kemampulan untuk menerobos pangsa pasar atas hasil – hasil produksi.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Pemberdayaan UKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima Asrul Yaqin, kegiatan diklat ini dalam rangka memberikan pemahanan cara kemasan dan penjualan yang dilaksanakan oleh para pengelola UKM yang berada di kecamatan se – Kabupaten Bima. Sehingga dengan adanya diklat ini produk yang akan diolah bisa meningkatkan pangsa jual.

*Kahaba-01/Hum