Kabar Bima

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Bimtek Manajemen Penataan Arsip SKPD

221
×

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Bimtek Manajemen Penataan Arsip SKPD

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) di aula kantor setempat Rabu (5/4). Kegiatan tersebut mengangkat tema “Manajemen Penataan dan Pengendalian Arsip SKPD dan Kecamatan yang Akuntabel”.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Bimtek Manajemen Penataan Arsip SKPD - Kabar Harian Bima
Foto bersama usai Bimtek Manajemen Penataan Arsip SKPD. Foto: Eric

Sekda Kabupaten Bima H. Taufik HAK saat menyampaikan sambutan menuturkan, kegiatan ini bertujuan melatih jajaran pegawai, untuk mengetahui proses dan tata cara pelaksanaan bagaimana menyimpan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai macam bentuk media yang dimiliki.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Bimtek Manajemen Penataan Arsip SKPD - Kabar Harian Bima

Ia menjelaskan, berdasarkan istilah arsip secara sejarah, merupakan rekaman peristiwa dalam berbagai bentuk. Kemudian disesuaikan dengan media, yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan maupun organisasi.

“Bila dilihat dari segi fungsi dan kegunaan, sudah pasti instansi membuat dan menerima dan menggunakan arsip dalam menjalankan tugas dan fungsi organisasi dalam mengambil keputusan lalu menyusun rencana,” katanya.

Sebagai rekaman informasi sambungnya, keberadaan arsip sangat penting bukan hanya sebagai bahan pengambil keputusan bagi pimpinan. Tapi juga sebagai bukti transaksi yang sah, akurat dan terpercaya yang dapat melindungi hak organisasi, apabila menghadapi masalah dengan pihak lain.

“Arsip begitu penting, karena sebagai kelangsungan hidup organisasi. Maka dari itu penting SKPD maupun pihak kecamatan, untuk melaksanakan pengendalian dan penataan arsip dengan baik dan benar,” bebernya.

Maka dari itu, guna mewujudkan keinginan pemerintah daerah menuju ke arsipan yang baik dan benar. Diperlukan sistem pengendalian dan penataan arsip, yang sesuai dengan karateristik organisasi, sarana dan prasarana yang mencukupi.

“Tentunya hal ini semua, harus ditunjang dengan ilmu serta pemahaman tekhnis yang memadai. Sehingga dapar memberikan pengetahuan yang komprehensif, terkait dengan sarana dan prasarana arsip tersebut,” tandasnya.

*Kahaba-04