Kabar Bima

Bagian AP Siap Sukseskan Lomba Kelurahan

229
×

Bagian AP Siap Sukseskan Lomba Kelurahan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Bagian Administrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima siap menyelenggarakan lomba Kelurahan Tingkat Kota Bima, tanggal 19 April – 23 April 2017. Event tahunan tersebut diselenggarakan untuk memilih satu kelurahan terbaik, yang akan mewakili Kota Bima dalam ajang yang sama di tingkat Provinsi NTB Juni mendatang.

Bagian AP Siap Sukseskan Lomba Kelurahan - Kabar Harian Bima
Kabag AP Setda Kota Bima H. Fahruddin

“Persiapan tahapan telah dilakukan secara maksimal. Mulai dari rapat koordinasi, hingga pemantapan pra lomba,” ujar Kabag AP Setda Kota Bima H. Fahruddin, Selasa (11/4).

Bagian AP Siap Sukseskan Lomba Kelurahan - Kabar Harian Bima

Guna memaksimalkan lomba tersebut, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada peserta kelurahan perwakilan, jauh hari sebelum pelaksanaan lomba. Mulai dari persiapan pembentukan panitia, dan sejumlah persiapan lain.

Berdasarkan lima wilayah kecamatan se-Kota Bima. Pemerintah daerah telah menetapkan 5 kelurahan yang akan mewakili masing-masing kecamatan. Penetapan itu berdasarkan hasil juara lomba kelurahan tingkat Kecamatan tahun kemarin.

5 kelurahan yang akan mewakili Lomba tingkat Kota Bima diantaranya, Kecamatan Rasanae timur diwakili Kelurahan Lampe, Kecamatan Rasanae Barat diwakili Kelurahan Paruga, Kecamatan Raba oleh Kelurahan Rabangodu Selatan. Kemudian Kecamatan Mpunda diwakili Kelurahan Sambinae dan terakhir Kecamatan Asakota diwakilkan Kelurahan Kolo.

Bagi pemenang lomba kelurahan Tingkat Kota Bima nanti sambungnya, akan ditunjuk sebagai wakil Kota Bima dalam lomba kelurahan Tingkat Provinsi NTB 2017, yang direncanakan dilangsungkan pada bulan Juni mendatang.

“Semoga dalam pelaksanaan lomba kelurahan tingkat kota sukses, dan pemenang akan dipilih berdasarkan penilaian panitia yang berkompoten dan akuntabilitas,” tandasnya.

Ditambahkan Fahruddin, adapun idikator lomba berdasarkan aturan yang telah ditetapkan. Akan ada delapan faktor inti yang menjadi bahan penilaian oleh panitia, harus terpenuhi oleh peserta lomba.seperti keamanan dan ketertiban, kebersihan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, peningkatan kapasitas masyarakat, lalu partisipasi masyarakat, kemudian lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

*Kahaba-04