Kabar Bima

Mau Tau Informasi Penanganan Bencana, Yuuk Kunjungi Stan BPBD

239
×

Mau Tau Informasi Penanganan Bencana, Yuuk Kunjungi Stan BPBD

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pameran Pembangunan Kota Bima secara resmi dibuka, Rabu (26/4) sore oleh Wakil Walikota Bima, H Arahman H Abidin di Lapangan Serasuba. Semua stan instansi pemerintah, BUMN hingga sekolah ikut memeriahkan. Salah satunya stan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima.

Mau Tau Informasi Penanganan Bencana, Yuuk Kunjungi Stan BPBD - Kabar Harian Bima
Wakil Walikota Bima didampingi kepala BPBD saat mengunjungi stand BPBD. Foto: Ady

Stan ini memamerkan peralatan tim siaga bencana dan semua informasi terkait penanganan bencana. Termasuk menyajikan informasi banjir bandang yang menerjang Kota Bima akhir Tahun 2016 lalu.

Mau Tau Informasi Penanganan Bencana, Yuuk Kunjungi Stan BPBD - Kabar Harian Bima

“Kita pamerkan mulai dari peta kejadian, gambar-gambar kejadian di berbagai lokasi, termasuk momen banjir kemarin,” jelas Kepala BPBD Kota Bima, H Sarafudin di lokasi pameran.

Tak hanya itu lanjutnya, dipamerkan pula foto-foto kegiatan rehab rekon pasca bencana banjir yang dilaksanakan tahun ini dengan anggaran Rp12 miliar. Kemudian foto-foto kegiatan BPBD dari segala jenis bantuan, baik dari bersumber dari pemerintah pusat, propinsi dan daerah. Ada juga gambar kegiatan Forum Pengurangan Resiko Bencana, seperti penyaluran bantuan saat bencana.

“Intinya kita disini akan memberikan informasi untuk menjawab segala bentuk isu dari berbagai elemen. Kita harapkan masyarakat yuuk datang kesini biar lebih tahu informasi tentang BPBD supaya tidak berkembang informasi yang tidak-tidak,” ujar Mantan Kepala Diskanlut Kota Bima ini.

Pameran kali ini kata dia, juga bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN). Karenanya Rabu (25/4) pagi, BPBD bersama sejumlah pihak mengadakan simulasi bencana yang digelar serentak secara nasional. Simulasi mandiri ini bertujuan memberikan pembelajaran bagi masyarakat agar lebih waspada terhadap bencana.

“Kita gelar serentak di sekolah, di pasar, di terminal, lapangan, kantor-kantor maupun di tempat-tempat terbuka. Mudah-mudahan dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat agar ketika terjadi bencana tidak kaget lagi,” harapnya.

*Kahaba-03