Kabar Bima

Idul Adha, Dinas Pertanian Siapkan RPH Halal dan Modern

229
×

Idul Adha, Dinas Pertanian Siapkan RPH Halal dan Modern

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1438 H yang jatuh pada hari Jumat (1/9) kedepan, Dinas Pertanian Kota Bima siap melayani jasa pemotongan hewan kurban atau Rumah Potong Hewan (RPH) di Kelurahan Kedo Kelurahan Jatiwangi.

Idul Adha, Dinas Pertanian Siapkan RPH Halal dan Modern - Kabar Harian Bima
Kasi Kesmavet dan P2HP Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Bima Cahyadi. Foto: Eric

“RPH yang telah disiapkan berstandar internasional dan bersertifikat halal,” ujar Kasi Kesmavet dan P2HP Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Bima Cahyadi, Senin (28/8).

Idul Adha, Dinas Pertanian Siapkan RPH Halal dan Modern - Kabar Harian Bima

Tersedianya fasilitas berstandar internasional tersebut kata dia, dapat dipastikan proses pemotongan hewan kurban hingga kualitas halal aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Dijelaskan Cahyadi, memotong hewan korban ke RPH itu banyak manfaatnya. Karena proses melalui tahap awal dilakukan pemeriksaan antem ortum. Kemudian setelah dipotong pihaknya akan mengawasi dan memeriksa kondisi daging.

“Biayanya hanya Rp 250 ribu, dengan kondisi hewan kurban diterima utuh oleh pemilik,” bebernya.

Ditambahkan Adi, selain meyiapkan RPH. Dinas Peternakan telah menyiapkan 72 tenaga teknis, yang akan mengontrol dan mengawasi kondisi herwan kurban di 38 Kelurahan. Tenaga teknis dapat melakukan pemeriksaan sebelum dan sesudah pemotongan dilakukan.

Ia menambahkan, pengawasan ini dilakukan untuk menjaga hegenitas hewan kurban. Bila kondisi sehat maka dapat dipotong dan dibagikan ke penerima manfaat. Tapi bila ditemukan kondisi ternak tidak sehat, maka pemotongan tidak dapat dilakukan. Karena dagingnya tidak layak untuk dikonsumsi.

*Kahaba-04