Kabar Bima

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Wawo Segera Digelar

1040
×

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Wawo Segera Digelar

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 Wawo akan menyelenggarakan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) periode 2017 – 2018. Sejumlah tahapan sudah dilaksanakan seperti pendaftaran calon, penetapan calon serta penyampaian visi dan misi.

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Wawo Segera Digelar - Kabar Harian Bima
Ilustrasi. Pemilihan Ketua OSIS

Proses pemilihan rencananya akan diadakan sesuai dengan tata cara pemilihan kepala daerah (Pilkada) atau Pemilu Presiden. Kemudian juga dibentuk seperti PPS, KPPS, Panwas, Hansip, Saksi dan perangkat lainnya.

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Wawo Segera Digelar - Kabar Harian Bima

Menurut Wakasek Kesiswaan SMA 1 Wawo Muhammad Naim, Pemilos tahun ini dilaksanakan secara langsung dengan menganut sistem dari siswa, oleh siswa, untuk siswa. Prinsip demokrasi ini diterapkan dalam pemilihan ketua OSIS dan diharapkan memberikan pelajaran untuk menggunakan hak yang dimiliki secara bertanggung jawab.

“Ini adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini sebagai bekal siswa terjun kembali ke masyarakat nanti,” ujarnya.

Menurutnya, Pemilos juga menjadi wadah pembelajaran berdemokrasi siswa dan menjadi bagian dari memahami sistem Pemilu di Indonesia. Kemudian belajar mengungkapkan pendapat, belajar menghormati perbedaan pilihan, belajar menerima kemenangan yang lain dengan mengakui kekalahan secara legowo dan pembelajaran lainya.

“Alhamdulillah, Pemilos Pemilos SMA 1 Wawo tahun ini mendapat dukungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima. Ini juga menjadi ruang bagi siswa untuk belajar kepada ahlinya,” terang Naim.

Ia juga menyebutkan jika ada 3 pasangan yang akan berkompetisi pada Pemilos tahun ini. Mereka masing – masing Rian Nurrahman kelas XI berpasangan dengan Zulham Rahman kelas X, Arsin Algifari kelas XI berpasangan dengan Agus Suprianto kelas X, Ade Kurniawati berpasangan dengan Jihan andriadi dari XI.

“Saat ini masih dalam jadwal kampanye, sementara hari pencoblosan akan dilkasanakan pekan depan,” tambahnya.

*Kahaba-08