Kabar Bima

Pengecer Pupuk Bersubsidi Nakal, Izin Terancam Dicabut

226
×

Pengecer Pupuk Bersubsidi Nakal, Izin Terancam Dicabut

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Terkait sorotan massa aksi soal pengecer pupuk subsidi yang nakal dengan mempermainkan harga, akan disikapi serius oleh dinas terkait. Bahkan rencananya, dalam waktu dekat para pengecer akan dipanggil dan diancam dicabut izin jika diketahui menaikan harga pupuk tidak sesuai HET.

Pengecer Pupuk Bersubsidi Nakal, Izin Terancam Dicabut - Kabar Harian Bima
Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bima Mansyur. Foto: Deno

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bima Mansyur mengaku sudah mendengar dan mengetahui soal soortan tersebut. Dirinya pun akan segera memanggil para pengecer untuk klarifikasi.

Pengecer Pupuk Bersubsidi Nakal, Izin Terancam Dicabut - Kabar Harian Bima

“Kalau memang terbukti mereka nakal, kita cabut izinnya,” tegas Mansyur, Kamis (28/9).

Diakuinya, persiapan pupuk untuk Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) sudah ada dan akan memenuhi kebutuhan para petani. Karena pada tahun 2017, pihaknya sudah memasok pupuk dari pupuk kaltim sebanyak 22 ribu ton.

Tidak hanya itu, ada tambahan juga dari bantuan pemerintah pusat melalui gubernur sebanyak 4 ribu ton. Sehingga jumlah pupuk untuk kebutuhan kelompok tani mencapai 26 ribu ton.

“Jadi, persediaan pupuk sudah tidak ada masalah. Hanya saja ini menjadi masalah ketika di tingkat pengecer dan distributor,” ungkapnya.

“Intinya sorotan ini segera kami tindaklanjuti. Karena ulah pengecer ini juga merugikan petani,” tegasnya.

*Kahaba-05