Kabar Bima

RAB Program Bedah Rumah Berubah, Warga Protes

242
×

RAB Program Bedah Rumah Berubah, Warga Protes

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Program bedah rumah di Lingkungan Ranggo Kelurahan Na’e menuai protes warga. Pasalnya, Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang dikeluarkan dan ditandatangani awal program, berbeda dengan RAB yang diberikan pada saat program akan selesai.

RAB Program Bedah Rumah Berubah, Warga Protes - Kabar Harian Bima
Ilustrasi bedah-rumah

Warga penerima manfaat Hendra mengaku heran dengan perbedaan RAB program dimaksud. Perbedaan itu seperti harga Semen sebesar Rp 66 ribu berubah menjadi Rp. 67 ribu per sak. Kemudian besi 8 mm SNI sebesar Rp 31 ribu jadi Rp 36 ribu per batang. Begitu juga dengan harga barang lainya dinaikan dari RAB awal.

RAB Program Bedah Rumah Berubah, Warga Protes - Kabar Harian Bima

“Saya heran dengan perubahan RAB ini, saya menduga ada sesuatu hal dibalik perubahan ini,” duganya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu Kabid Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Muktadir membenarkan adanya perubahan RAB tersebut. Perubahan disebabkan adanya pajak.

“Sesuai hasil pertemuan di Jakarta beberapa waktu lalu. Adanya pajak dalam RAB, maka jumlah unit rumah yang akan menerima bantuan akan dikurangi,” jelasnya.

Karena tidak ingin mengurangi jumlah rumah, maka pihaknya sepakat agar pajak tersebut diganti dengan menaikan volume harga di RAB yang baru.

*Kahaba-05