Kabar Bima

Proses Pemekaran 3 Kelurahan Masuk Tahap Akhir

230
×

Proses Pemekaran 3 Kelurahan Masuk Tahap Akhir

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Bagian Administrasi (AP) Setda Kota Bima kini tengah mempersiapkan tahap akhir pemberkasan pemekaran tiga kelurahan baru di Kota Bima. Rencananya, urusan itu akan rampung pertengahan Desember mendatang. Tiga kelurahan mekar baru yang terbentuk itu adalah, Kelurahan Jatibaru Timur, Ule dan Oi Mbo.

Proses Pemekaran 3 Kelurahan Masuk Tahap Akhir - Kabar Harian Bima
Kabag AP Setda Kota Bima H. Fahruddin

Kabag AP Setda Kota Bima H. Fahruddin menjelaskan, semua dokumen kelengkapan telah dipenuhi. Beberapa bulan lalu eksekutif telah mengajukan ke DPRD perihal usulan pemekaran kelurahan baru, dan itu telah mendapat pengesahan.

Proses Pemekaran 3 Kelurahan Masuk Tahap Akhir - Kabar Harian Bima

“Setelah disahkan oleh DPRD Kota Bima, berkas tersebut selanjutnya kami serahkan ke Biro Hukum Setda Provinsi NTB,” ujarnya, Rabu (1/11).

Fahruddin mengungkapkan, setelah penyerahan ke biro hukum. Selanjutnya akan diperiksa hingga dinyatakan rampung. Kemudian biro hukum akan menyerahkan berkas tersebut ke Biro Administrasi Pemerintahan untuk diteliti kembali apakah sudah memenuhi syarat atau tidak.

“Berdasarkan hasil koordinasi dengan Pemprov NTB, masih memerlukan data tambahan berupa data kelurahan induk sebelumnya. Setelah itu, proses selanjutnya menunggu nomor registrasi, sebagai dasar mengajukan ke pemerintah pusat dan diperoleh kode kelurahan yang baru,” jelasnya.

Ditambahkan mantan Camat Rasanae Timur itu, setelah tiga kelurahan terbaru terbentuk, Bagian AP Setda mulai mempersiapkan penyusunan anggaran pelaksanaan kegiatan di tahun 2018.

“Untuk rencana awal, lokasi dan fasilitas kantor dipersiapkan, agar mempermudah pelayanan masyarakat,” tambahnya.

*Kahaba-04