Kabar Bima

Tim Asesor BAN-PT Visitasi Akreditasi Prodi Teknik Sipil STT Bima

307
×

Tim Asesor BAN-PT Visitasi Akreditasi Prodi Teknik Sipil STT Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahab.- Akreditasi perguruan tinggi merupakan bagian dari tolak ukur kualitas dan mutu suatu perguruan tinggi tersebut. Sebagai institusi perguruan tinggi di Bima, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bima terus berupaya meningkatkan nilai akreditasi. Setelah prodi Teknik Lingkungan mendapatkan akreditasi, kini lembaga tersebut berupaya melakukan hal yang sama pada prodi Teknik Sipil.

Tim Asesor BAN-PT Visitasi Akreditasi Prodi Teknik Sipil STT Bima - Kabar Harian Bima
Tim Asesor BAN-PT bersama Humas STT Bima. Foto: Eric

2 tim asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) pusat, Abdul Gaus didampingi Ade Lisantono melakukan visitasi akreditasi program studi Teknik Sipil dengan melakukan assesment lapangan. Berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, dua perwakilan tersebut melakukan visitiasi sejak Rabu hingga Jumat (22-24/11).

Tim Asesor BAN-PT Visitasi Akreditasi Prodi Teknik Sipil STT Bima - Kabar Harian Bima

“Kami datang dalam rangka assesment lapangan, berdasarkan tugas yang diberikan oleh BAN-PT Pusat,” ujar perwakilan BAN-PT, Ade Lisantono Kamis (23/11).

Ade menjelaskan, berdasarkan tugas yang diberikan. Di STT Bima mereka selama 3 hari, untuk memeriksa dan memotret beberapa dokumen kampus yang menjadi standar kelengkapan penilaian akreditasi oleh BAN-PT Pusat.

Ia menyebutkan, ada 7 standar kelengkapan yang harus periksa. Diantaranya visi, misi dan sasaran strategis pencapaian institusi, kemudian tata pamong dan kepemimpinan, mahasiswa dan jumlah kelulusan. Kemudian SDM, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan kampus baik dari pihak luar, yayasan dan juga pemerintah, serta penelitian dan pengabdian masyarakat.

Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan dan pemotretan dokumen kampus setempat. Pihaknya akan menyerahkan ke dewan eksekutif BAN-PT Pusat, untuk diperiksa kembali apakah sudah memenuhi standar penilaian atau belum.

“Setelah pemeriksaan ini rampung, secepatnya akan kami sampaikan laporannya,” katanya.

Mengenai hasil pemeriksaan ia menegaskan, bukan wewenangnya. Pihaknya hanya memeriksa lalu melaporkan ke pusat. Kemudian mengenai hasil akreditasinya, diperkirakan akan keluar satu bulan mendatang.

Sementara itu Humas STT Bima M Irfan menjelaskan, kehadiran BAN-PT Pusat untuk melakukan visitasi tersebut telah membuktikan STT Bima sudah tidak diragukan lagi eksistansinya di daerah.

“Bila proses ini telah rampung, dan hasil akreditasi telah diperoleh. Maka diharapkan pada mahasiswa yang telah menyelesaikan program studi, dapat mempersiapkan diri untuk proses wisuda pada tahun 2018 mendatang,” harapnya.

*Kahaba-04