Kabar Bima

Kurangi Kecanduan Gadget, Forum Anak Hidupkan Permainan Tradisional

458
×

Kurangi Kecanduan Gadget, Forum Anak Hidupkan Permainan Tradisional

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.-  Masa bermain anak saat ini terancam oleh teknologi dan gadget. Sebagian besar waktu anak lebih banyak dihabiskan dengan gadget, handpone pintar dan android.

Kurangi Kecanduan Gadget, Forum Anak Hidupkan Permainan Tradisional - Kabar Harian Bima
Forum Anak Kota Bima

Forum Anak Kota Bima melihat kecanduan anak terhadap gadget semakin meningkat. Hal ini berdampak pada perkembangan mental, kepekaan sosial dan masa bermain anak. Untuk mengurangi kecanduan gadget itu, Forum Anak menghidupkan kembali permainan tradisional anak yang mulai dilupakan.

Kurangi Kecanduan Gadget, Forum Anak Hidupkan Permainan Tradisional - Kabar Harian Bima

“Kegiatannya tadi kita laksanakan di SDN 48 Kota Bima mulai Pukul 07.30 Wita,” kata Ketua Forum Anak Kota Bima, M Omar Qilya Al Rizis, Kamis (14/12) sore.

Pada kegiatan itu kata Omar, Forum Anak mengadakan permainan yang positif dan tradisional seperti bermain Tapa Gala, Ular Naga Panjang dan Ngao Karawo.

Siswa juga diajak bernyanyi bersama dan bercerita tentang cerita rakyat.

Di akhir kegiatan kata Duta Anak NTB ini, dilanjutkan dengan kuis kebangsaan. Bagi anak yang bisa menjawab diberikan hadiah berupa tempat makanan dan botol minuman.

“Kita juga membagikan air minum beserta makanan untuk seluruh anak-anak SDN 48,” ujarnya.

Omar berharap, dengan bermain dan bercerita diharapkan dapat mewujudkan generasi muda agar mencintai budaya dan melestarikan permainan tradisional Bima.

*Kahaba-03