Mobil Baca Keliling Dinas Perpustakaan Masuk Sekolah

Kota Bima, Kahaba.- Guna menumbuhkembangkan minat baca dikalangan pelajar, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima menerjunkan 2 unit mobil baca keliling di sekolah, Senin (15/1). Kehadiran mobil tersebut pun disambut antusias siswa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima bersama pegawai foto bersama didepan mobil baca keliling. Foto: Eric

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima H Mahfud mengaku, mobil baca keliling mulai beroperasi sejak 2 Januari 2018 lalu. Sasaran dan tujuan seperti sekolah di kelurahan Nitu, Lelamase, Kolo, Jatiwangi, Ntobo dan sejumlah kelurahan lain.

“Alhamdulillah, sejak awal diterjunkan 2 unit mobil baca keliling ini banyak siswa tingkat SD dan SMP datang membaca buku,” ujarnya.

Mahfud menjelaskan, untuk membantu mempermudah pelajar mendapatkan bahan bacaan. Pihaknya telah menyiapkan beragam referensi buku, seperti ilmu pengetahuan alam, bahasa indonesia, biologi, kesenian hingga buku cerita bergambar. Dari semua buku yang disiapkan, buku cerita bergambar paling banyak diminati siswa. Alasannya,  mudah dipelajari dan cepat dipahami apa tujuan dan maksudnya.

Ia melanjutkan, setelah mempelajari buku tersebut. Pelajar dikumpulkan dan diminta untuk menjelaskan ilmu dan makna dari buku yang telah dibaca sebelumnya. Bagi yang memahami dan mengerti dengan baik, maka diberikan hadiah berupa hadiah uang pembinaan.

“Nilainya tidak seberapa, tapi tujuan kami untuk memotivasi siswa agar terus belajar dan mengembangkan kemampuannya,” ucap Mahfud.

Mantan Sekretaris BKPSDM itu menambahkan, perpustakaan keliling akan menjadi program rutin. Bahkan di hari Sabtu dan Minggu diterjunkan, agar masyarakat juga bisa menikmati bacaan tersebut.

“Untuk sementara waktu mobil baca keliling di akhir pekan kami parkir di Lapangan Merdeka Bima. Karena di hari tersebut, banyak masyarakat membawa keluarganya bersantai dan bisa sembari membaca buku,” tambahnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *