Kabar Bima

Jelang UNBK, Proktor UNBK Disiapkan

227
×

Jelang UNBK, Proktor UNBK Disiapkan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Jelang pelaksanaan UNBK Mei mendatang, Dikbud Provinsi NTB telah menyiapkan 80 tenaga Proktor guna kelancaran pelaksanaan ujian nasional. Proktor sendiri merupakan petugas yang ditunjuk dan bertanggungjawab soal server di sekolah tersebut.

Jelang UNBK, Proktor UNBK Disiapkan - Kabar Harian Bima
Workshop persiapan Proktor UNBK. Foto: Eric

Pada tahun 2018, Dikbud Provinsi NTB telah mewajibkan seluruh SMA sederajat di NTB menggelar UNBK. Untuk itu, setiap sekolah menyiapkan tenaga Proktor dan teknisi untuk pelaksanaan UNBK. Untuk melatih dan menyiapkan tenaga proktor tersebut, Dinas Dikbud Provinsi NTB menggelar Workhsop di aula SMAN 1 Kota Bima Jumat (2/1).

Jelang UNBK, Proktor UNBK Disiapkan - Kabar Harian Bima

“Workshop ini bertujuan agar semua sekolah yang saat ini diwajibkan menggelar UNBK, lebih mengetahui lagi proses dan pelaksanaannya,” ujar Kepala SMAN 1 Kota Bima Sanusin.

Dijelaskan mantan kepala SMKN 3 itu, dengan workshop  tersebut maka sekolah-sekolah yang sebelumnya belum pernah menggelar ujian dengan sistem UNBK akan diberikan pemahaman tentang kompetensi tenaga proktornya.

Karena UNBK dilaksankan secara online, maka para tenaga proktor harus tahu betul teknis bagaimana mengirim soal dan jawaban dengan baik dan benar.

Sanusin berharap, kepada semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dapat mengikuti seluruh rangkaiannya dengan baik. Sebab materi yang diberikan sangat penting untuk dipelajari dan dipahami.

*Kahaba-04