Kabar Bima

Warga Sorot Pembangunan Kantor Desa Rada

412
×

Warga Sorot Pembangunan Kantor Desa Rada

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pembangunan Kantor Desa Rada Kecamatan Bolo disorot warga. Pasalnya, pembangunan kantor Desa Rada yang baru itu ternyata tidak sesuai dengan jenis anggaran yang terpampang pada papan informasi.

Warga Sorot Pembangunan Kantor Desa Rada - Kabar Harian Bima
Kantor Desa Rada yang baru. Foto: Yadien

“Di papan informasi itu dana rehab, bukan bangun baru. Tapi kok malah dibangun baru” sorot Rusli warga Dusun Lapa Desa Rada, Selasa (13/2).

Warga Sorot Pembangunan Kantor Desa Rada - Kabar Harian Bima

Kata Rusli, ia memahami rehab itu memperbaiki bangunan yang sudah. Bukan membangun baru di tempat yang berbeda. Ia pun mempertanyakan dasar digunakanya anggaran tersebut untuk membangun kantor baru.

“Dasarnya apa, kantor yang lama mau diapakan” tanyanya.

Sementara itu sambungnya, kantor desa yang baru dibangun tersebut tidak di cat dan tanpa ada plafon.

“Kok ada proyek yang tidak tuntas begitu,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Rada Supratman membenarkan jika anggaran yang dipakai untuk membangun kantor baru itu, anggaran rehab kantor desa lama. Namun, sebelum hal tersebut dilakukan, pihaknya telah konsultasi dengan Bagian PAP dan disetujui agar dipakai bangun kantor baru.

“Kami sudah koordinasi dan konsultasi dengan bagian PAP,” katanya.

Menurut dia, pembangunan kantor desa yang baru dianggap, perlu mengingat ruang kantor desa lama sempit dan tidak strategis.

“Kalaupun direhab, tetap tidak bagus,” tuturnya.

Supratman mengungkapkan, awalnya anggaran untuk pembangunan kantor tersebut sebesar Rp 400 juta lebih. Namun saat pelaksanaan, nominalnya dikurangi oleh bagian PAP menjadi Rp 300 juta.

“Alasan pengurangannya saya juga tidak tahu,” ungkapnya.

Ia juga membenarkan jika pembangunan kantor desa yang baru tersebut tidak tidak di cat dan diplafon. Karena kata pemborongnya, tidak ada di RAB.

*Kahaba-10