Kabar Bima

Dinas Dikbud Sosialisasi Kekayaan Budaya Lokal

183
×

Dinas Dikbud Sosialisasi Kekayaan Budaya Lokal

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima menggelar sosialisasi kekayaan budaya lokal daerah di aula SMAN 1 Kota Bima, Kamis (15/2). Hadir pada kegiatan tersebut perwakilan kepala sekolah dan guru, tingkat SD dan SMP sederajat.

Dinas Dikbud Sosialisasi Kekayaan Budaya Lokal - Kabar Harian Bima
Sosialisasi Kekayaan Budaya Lokal. Foto: Eric

Kadis Dikbud Kota Bima H Alwi Yasin dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari warisan budaya. Baik itu yang bergerak maupun yang tidak bergerak.

Dinas Dikbud Sosialisasi Kekayaan Budaya Lokal - Kabar Harian Bima

“Budaya dan sejarah memiliki nilai yang penting bagi  ilmu pengetahuan, pendidikan dan budaya,” ujarnya.

Alwi menuturkan, pihaknya mengundang sejumlah kepala sekolah dan guru dengan tujuan untuk lebih mengenalkan dan menumbuhkan karakter sejarah bangsa melalui peningkatan pemahaman terhadap budaya dan sejarah.

Kepada peserta yang hadir juga diharapkan lebih memahami dan menjiwai budaya dan sejarah daerah lokal. Karena masih banyak yang belum mengetahuinya, terutama siswa.

“Dengan sosialisasi ini, tenaga pendidik mampu mengaplikasikannya kepada pelajar untuk mencintai budaya daerah,” katanya.

Alwi menambahkan, budaya lokal daerah yang dimiliki saat ini berupa budaya tak benda, seperti Patu Mbojo, Rawa Mbojo, Antar Mahar Mbojo, Biola, Gambo. Sedangkan untuk budaya benda berupa, ASI Mbojo, benda pusaka, ASI Kalende serta masih banyak yang lainnya.

*Kahaba-04