Pemkot Bima Launching Peringatan HUT Kota Bima ke-16

Kota Bima, Kahaba.- Peringatan HUT Kota Bima setiap tahunnya dirayakan dengan istimewa. Tahun inipun keistimewaan peringatan HUT Kota ke-16 dimulai dengan kegiatan Launching Peringatan HUT Kota Bima ke-16 tahun 2018 di Halaman Kantor Walikota Bima, Kamis (15/03).

Upacara Lounching HUT Kota Bima ke-16. Foto: Dok Hum

Ribuan ASN lingkup Pemerintah Kota Bima mengikuti apel gabungan sebagai penanda dimulainya seluruh rangkaian acara dengan berbusana tradisional bima. Bagi ASN laki-laki menggunakan Tenun Bima, berpeci dan menggunakan sarung khas bima. Sedangkan bagi ASN wanita menggunakan Tenun Ikat Bima dan Rimpu (Hijab adat Wanita Bima).

Walikota Bima HM Qurais H Abidin bertindak selalu pembina apel dengan pemimpin apel Plt Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Syahrial Nuryadin dan Kabag Tata Pemerintahan Fahruddin selaku perwira.

Apel gabungan ini dihadiri pula Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Ketua TP PKK Kota Bima Hj Yani Marlina M Qurais, Ketua MUI Kota Bima, BUMN, BUMD, instansi vertikal, organisasi wanita dan Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima beserta camat dan lurah.

Launching ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pelepasan balon udara oleh Walikota Bima HM Qurais H Abidin, Ketua TP PKK Kota Bima Hj Yani Marlina didampingi oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima.

Pada balon udara yang dilepaskan juga terdapat hadiah atau doorprize bagi yang beruntung berupa Kulkas satu pintu dan televisi yang dapat ditukarkan paling lambat tanggal 2 April 2018 di Bagian Umun Setda Kota Bima. Selain itu, Launching HUT Kota ini juga sekaligus juga menandai penerapan E-kinerja di Kota Bima.

Walikota Bima HM Qurais H Abidin dalam sambutannya menyampaikan, kemeriahan HUT Kota Bima ke-16 justru sudah dimulai oleh pasukan marinir TNI yang melaksanakan latihan perang, parade dan baksos di Kota Bima pada bulan Januari lalu.

Disampaikannya pula bahwa nantinya pada upacara puncak tanggal 10 April 2018, Kota Bima sudah mengajukan permohonan kepada Mendagri Tjahyo Kumolo agar berkenan hadir dan menjadi Inspektur Upacara HUT Kota Bima ke-16 tanggal 10 April 2018, sekaligus meresmikan masjid terapung.

“Saya harapkan seluruh pegawai dan masyarakat dapat berpartisipasi memeriahkan HUT Kota Bima ke-16 ini, terutama jaga kebersamaan, jaga kebersihan, dan jaga keamanan,” harap Walikota Bima.

Pada kesempatan itu, Walikota Bima menyampaikan terkait penilaian kinerja atau Lakip, tahun 2017 ada 2 capaian yaitu meraih hasil baik dari Kemenpan-RB dalam pengukuran tingkat kepatuhan terhadap pelaksanaan undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, dan menginisiasi kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP) lingkup Pemerintah Kota Bima dengan moto “Satu Perangkat, Satu Inovasi”.

Baginya, untuk peningkatan kinerja dan penataan birokrasi, instrumen utamanya tetaplah manusianya sendiri. SDM yang tidak jujur tetap akan bisa menemukan cara untuk mencurangi sistem.

“Saya hanya ingin kembali mengingatkan kita semua, bahwa e-kinerja ini hanyalah sebuah sistem untuk membantu pekerjaan kita, semua tetap berpulang pada SDM yang kita miliki,” katanya.

*Kahaba-01/Hum

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *