STIE Bima Siap Bantu Perkembangan UMKM Yang Diprogramkan Pemkot

Kota Bima, Kahaba.- Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima Firdaus mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Koperindag memprogramkan wirausaha masuk kampus. Pihaknya pun siap membantu dengan kemampuan yang sudah dimiliki. (Baca. Wirausaha Masuk Kampus, Koperindag Teken MoU dengan STIE Bima dan STKIP Bima)

Ketua STIE Bima Firdaus saat menjadi pembina upacara PKKMB tahun 2017. Foto: Bin

“Ini sangat bagus untuk pengembangan UMKM. Jadi bisa kita pikirkan secara bersama untuk pengembangannya,” ujar Firdaus usai menandatangani MoU dengan Pemkot Bima, Selasa (2/4).

Menurut dia, pihaknya akan membantu dari seluruh aspek. Seperti aspek manajemen, aspek produksi, pemasaran maupun manajemen keuangan. Demikian juga pada aspek pengembangan SDM maupun pengembangan karakter.

Untuk teknisnya sambung Firdaus, nanti pada tiap aspek memiliki teknis yang berbeda-beda. Contohnya, pada aspek manajemen keuangan, nanti akan ada model pelatihan untuk kebutuhan kebutuhan yang bermula dari hal yang sederhana. Kemudian untuk manajemen modal dan manajemen produksi, juga perlu diberikan pelatihan.

“Intinya selama waktu MoU, kita siap dampingi. Sehingga dapat membantu perkembangan UMKM yang diprogramkan oleh pemerintah daerah,” katanya.

Sementara itu, Ketua STKIP Bima Amran juga menjelaskan, perguruan tinggi memiliki Tri Dharma. Jadi ada kewajiban untuk melaksanakan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Jadi ini bagus. Bisa saling memanfaatkan, pemerintah dan perguruan tinggi bisa saling membantu,” tuturnya.

Diakui Amran, di STKIP Bima memiliki sejumlah hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa.  Hanya saja terhenti pada saat penelitian. Dengan adanya MoU ini, maka penelitian mahasiswa juga bisa membantu perkembangan UMKM.

“Saya kira MoU ini sangat penting. Kita tinggal jalan melaksanakan MoU yang sudah dibuat,” tambahnya.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *