Dialog FKUB Digelar, Angkat Tema ‘Ayo Bangun Kota Bima Tanpa Konflik’

Kota Bima, Kahaba.- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima kembali menggagas kegiatan dialog lintas etnis, budaya dan agama. Berdasarkan jadwal, kegiatan ini akan digelar pada Rabu (4/4) pagi sekitar Pukul 08.00 Wita hingga sore hari di Aula Kantor FKUB Kota Bima.

Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar. Foto: Ady

Ketua FKUB Kota Bima H Eka Iskandar Z menjelaskan, undangan yang hadir pada kegiatan sebanyak 50 orang. Berasal dari unsur pemerintah, tokoh lintas agama, tokoh lintas ormas, tokoh etnis, perwakilan pemuda Kota Bima dan pengurus FKUB.

Tema kegiatan yang diangkat, yakni ‘Ayo Bangun Kota Bima Tanpa Konflik, Tolak HOAX dan Politisasi SARA di Kota Bima’. Dialog lintas etnis ini digelar karena Kota Bima ini merupakan daerah multi etnis dengan jumlah etnis 20, termasuk etnis Mbojo. Semuanya terdaftar secara resmi berdasarkan data dari Badan Kesbangpol Kota Bima.

Sesuai dengan domain FKUB kata H Eka, sebagai lembaga yang mengakar untuk wilayah lintas etnis, budaya, agama maupun ormas, maka berkewajiban menjaga terciptanya keharmonisan hidup antar sesama.

Apalagi lanjutnya, tahun 2018 ini merupakan tahun pilkada, sehingga dialog bertujuan untuk mengajak semua pihak mendukung pembangunan yang ada, mengajak masyarakat menggunakan hak pilih dan jangan golput. Serta mengajak interen lintas etnis, lintas agama ini menciptakan pola hidup harmonis.

“Ini adalah modal membangun Kota Bima tanpa konflik. Kita bisa berandai, kalau masing-masing etnis dan agama menciptakan konflik saya pikir pembangunan tidak dapat dilaksanakan. Kalau pembangunan sudah tidak dapat dilaksanakan, apa arti dari tujuan sebuah pembangunan itu,” paparnya.

Pihaknya juga berharap, kegiatan yang akan digelar menjadi stimulan dan sebuah acuan karena hasil kegiatan akan dirangkum Tim FKUB dalam sebuah catatan dan inti sari untuk dijadikan rekomendasi sebagai tindakan nyata FKUB dalam bentuk program ke depan.

Adapun narasumber yang diundang yakni Kasubag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag NTB H Suwardi, Akademisi IAI Muhammadiyah Bima Doktor Ridwan M Said, Kapolres Bima Kota dan Penulis Buku FKUB Sudirman H Makka.

*Kahaba-03

 

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *