Archipelago Expo di Malaysia, Tambora Redstone Coffee, Susu Kuda Liar dan Bawang Goreng Mencuri Perhatian 

Kota Bima, Kahaba.- 10 Kota dan Kabupaten diundang oleh Kementerian Desa (Kemendes) RI untuk hadir diajang bergengsi dalam mempromosikan produk unggulan daerah dalam bidang inovasi produk daerah pasca panen dan rangkaian kegiatan Archipelago Expo di Kuala Lumpur Malaysia, tanggal 2 April – 4 April di Kuala Lumpur Malaysia.

Kadis DPMDes bersama Dirjen PPMD Kemendes Taufik Madjid di arena Event Archipelago Exhibition Kualalumpur, Malaysia. Foto: Dok Dinas PMDes

Salah satu daerah dari 10 daerah yang berkesempatan diundang untuk menghadiri kegiatan tersebut adalah Kabupaten Bima, Bupati Bima mengadiri langsung undangan Kementerian Desa (Kemendes) RI.

Sejumlah produk di daerah Bima pun dibawa serta pada kegiatan tersebut. Beberapa produk Bima yang berhasil mencuri perhatian pengunjung seperti Tambora Redstone Coffee (TRC) jenis Premium Robusta baik Ground Coffee maupun Coffee Bean produk milik Babuju Mandiri, juga Susu Kuda liar SK88 produksi Nehrun, anak muda warga Tolonggeru Kecamatan Madapangga dan Bawang Goreng.

Bupati Bima, didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMDes) Kabupaten Bima Andi Sirajudin, Kadis Koperasi dan UKM Kab Bima serta yang lainnya.

“Kopi Tambora, Susu Kuda dan Bawang Goreng adalah Komoditi specifik Kabupaten Bima yang dipamerkan diacara ini berdasarkan hasil identifikasi produk unggulan dari Kementerian Desa” jelas Kepala Dinas PMDes Kab Bima Andi Sirajudin, Rabu (4/4).

Menurut dia, untuk skala nasional, Susu Kuda Liar dan Kopi Tambora sudah sangat dikenal. Demikian juga dengan bawang merah. Karena itu pada ajang Promosi internasional ini Bupati membawa tangan tiga produk tersebut.

Awalnya tidak banyak yang tahu tentang potensi produk unggulan Kabupaten Bima. Tetapi setelah presentasi disampaikan DPMDes Kabupaten Bima, pusat menjadi lebih tahu. Ternyata banyak potensi unggulan Bima yang layak jual dan potensial untuk dikembangkan.

“TRC, Bawang Goreng Bima dan Susu Kuda 88, mencuri perhatian peserta dan tamu undangan. Mereka banyak bertanya tentang 3 produk tersebut setelah dipresentasikan. Beberapa diantaranya mencatat nomor contak IKM yang memproduksi untuk memudahkan pemesanan atau mejalin kemitraan langsung,” paparnya.

Andi pun merasa optimis setelah event ini akan lebih banyak lagi perhatian pemerintah pusat ke Bima. Karena tadi beberapa Dirjend di Kemendes dan para Tamu Undangan cukup antusias bertanya dan mencium Aroma TRC serta mencicipi Bawang Goreng Bima.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *