Kabar Bima

Insiden Intimidasi Jurnalis, Walikota Mataram Minta Maaf 

281
×

Insiden Intimidasi Jurnalis, Walikota Mataram Minta Maaf 

Sebarkan artikel ini

Mataram, Kahaba.- Intimidasi yang dialami jurnalis Suara NTB Muhammad Kasim akhirnya diselesaikan dengan damai, Kamis (5/4). Plt Walikota Mataram H Mohan Roliskana secara terbuka meminta maaf kepada korban dan media umumnya. Permintaan maaf juga disampaikan Nazarudin Fikri, pelaku intimidasi yang menjabat sebagai Kabag Infrastruktur dan Kerjasama Setda Kota Mataram. (Baca. AJI Mataram Kecam Oknum Pejabat Kota Mataram yang Arogan dan Intimidasi Wartawan

Insiden Intimidasi Jurnalis, Walikota Mataram Minta Maaf  - Kabar Harian Bima
Nazarudin dan Muhamad Kasim bersalaman sebagai tanda berdamai. Foto: Istimewa

Perdamaian difasilitasi Alainsi Jurnalis Independen (AJI) Mataram, dihadiri Korwil AJI Bali – Nusra, Abdul Latif Apriaman, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) NTB Riadi Sulhi, sejumlah jurnalis dari berbagai media di Kantor Walikota Mataram.

Insiden Intimidasi Jurnalis, Walikota Mataram Minta Maaf  - Kabar Harian Bima

Ketua AJI Mataram Fitri Rachmawati dalam pertemuan itu memaparkan kronologi kejadian sesuai keterangan Muhammad Kasim alias Cem dan saksi wartawan Radar Lombok Ali Ma’sum.

Menurutnya ada masalah dengan cara komunikasi Nazarudin yang dianggap berlebihan. Apalagi sempat mengayunkan tangan hendak memukul. Cem yang sedang menjalani tugas jurnalistik pun sangat terganggu dan merasa dihalang-halangi untuk mendapat informasi.

“Padahal menurut kami, informasi yang ditanyakan Cem adalah informasi publik, tentang serapan anggaran triwulan pertama 2018. Ya, mestinya dijelaskan apa adanya, tidak kemudian ditanggapi dengan reaksi berlebihan,” paparnya melalui siaran pers kepada media ini.

Pikong, sapaan Fitri Rachmawati juga melakukan koreksi dan identifikasi kemungkinan ada pelanggaran kode etik dari cara dan sikap Cem mewawancarai oknum, namun tidak ditemukan. Menurutnya Cem sudah menjalankan tugasnya sesuai kaidah profesi.

“Sehingga barangkali ada cara pandang yang salah pak Nazarudin terhadap kerja jurnalistik. Kami tidak tahu itu apa, dia (Nazarudin) yang bisa menjelaskan,” jelasnya.

Namun pada intinya sambung Pikong, mereka menyayangkan ini terjadi. Kemudian yang kedua, ini barangkali bisa jadi bahan evaluasi kepada (birokrasi) di Kota Mataram atas pejabat pejabat yang mungkin masih ada yang arogan dan berharap insiden ini tidak terulang lagi.

Dalam pertemuan itu, Mohan Roliskana mengaku sudah menerima kabar insiden itu dari pemberitaan yang bertebaran di media sosial dan media cetak.

“Tadi pagi saya langsung panggil yang bersangkutan, saya berikan peringatan,dan saya harus akui, saya minta maaf,” kata Mohan, didampingi Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang.

Ia mengaku tidak menyangka insiden itu akan terjadi, terlebih selama ini komunikasi antara wartawan dengan semua pejabat Pemkot Mataram selama ini berlangsung baik. Wakil Walikota Mataram ini juga berterimakasih karena kasus itu tidak dilanjutkan ke proses hukum dan diselesaikan dengan cara damai.

“Kami akan melakukan pembinaan kepada yang bersangkutan. Tapi saya ingin sampaikan, tidak semua (pejabat) punya kemampuan komunikasi yang baik, untuk itu ini akan jadi bahan evaluasi saya,” ujarnya.

Mohan berjanji akan melakukan pembinaan lebih jauh kepada para pejabat, setidaknya berupa pelatihan public speaking dan sikap ketika berhadapan dengan jurnalis agar insiden yang sama tidak terulang.

Pertemuan berlanjut dengan menghadirkan Nazarudin. Mohan kembali mengulas penyampaian permintaan maaf, dilanjutkan ucapan sama oleh Nazarudin.

“Saya akui saya khilaf, saya menyesal dan saya minta maaf,” akunya.

*Kahaba-01