Walikota Bima Launching Gerakan Wajib PAUD 1 Tahun

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Bima ke-16 yang jatuh pada tanggal 10 April 2018 mendatang, Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima menggelar peluncuran (launching) Gerakan wajib PAUD Satu Tahun Pra SD, Paud Holistik dan Kota Ramah Anak di Convention Hall Jum’at (6/4). Kegiatan ini dirangkaikan dengan lomba kreatifitas anak tahun 2018.

Gebyar PAUD di Paruga Nae. Foto: Dok Hum

Launching Gerakan Wajib PAUD ini secara resmi dilakukan Walikota Bima HM Qurais H Abidin, ditandai dengan pelepasan balon oleh Walikota Bima, Kepala BPPAUD dan Dikmas NTB Eko Sumardi dan Bunda PAUD Kota Bima Hj Yani Marlina.

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Alwi Yasin dalam pengantarnya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mencetak generasi emas sesuai tema yang diusung pada kegiatan tersebut, yaitu Mewujudkan Generasi Emas, Sehat, Cerdas, Ceria dan Berintegritas.

“Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangatlah penting, karena PAUD dapat mempersiapkan anak usia dini usia 0-6 tahun sebelum mengenyam pendidikan di tingkat sekolah dasar. Usia tersebut merupakan masa perkembangan otak dan pembentukan karakter anak yang baik,” paparnya.

Hal senada juga di ungkapkan Bunda PAUD Kota Bima Hj Yani Marlina. Ia mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kota Bima yang telah menerbitkan Peraturan Walikota Bima (Perwali) tentang pendidikan karakter PAUD berbasis kearifan lokal dan Peraturan Daerah (Perda) tentang penyelenggaraan PAUD.

“Ini merupakan salah satu bentuk implementasi keterlibatan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Bima HM Qurais H Abidin dalam sambutannya, mengajak seluruh elemen masyarakat agar berperan serta dalam pendidikan anak terutama para orangtua karena anak-anak mengambil teladan pertama dari orangtua. Selain itu, Walikota juga mengajak untuk bersama-sama memperkuat kontrol sosial untuk meredam penyalahgunaan obat khususnya tramadol yang akhir-akhir ini sangat bertentangan dengan kota ramah anak.

“Pendidikan anak yang berkualitas dan perwujudan kota ramah anak hanya bisa tercapai jika kita semua ikut terlibat. Terutama dimulai dari keluarga dan lingkungan tempat tinggal,” ujarnya.

Pada kegiatan launching tersebut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Walikota Bima, Kepala BPPAUD dan Dikmas NTB, serta Kepala Dinas Dikbud Kota Bima. Serta di akhir acara dilakukan pemberian plakat oleh Kepala Dinas Dikbud Kota Bima kepada Walikota Bima yang diterima oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, Bunda PAUD dan Kepala BPPAUD dan Dikmas NTB.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *