Sukseskan Peran Wanita Dalam Pembangunan, DPPPA Gelar Sosialisasi KKG

Kota Bima, Kahaba.- Sebagai salah satu strategi pembangunan pemerintah dalam upaya pemberdayaan perempuan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bima menggelar kegiatan sosialisasi Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG) di Hotel La Illa, Senin (9/4).

DPPPA Kota Bima saat menggelar Sosialisasi KKG. Foto: Eric

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 20 keterwakilan perempuan yang pernah menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW), Dharma wanita dan organisasi perempuan lainnya.

“Peran serta perempuan sangatlah penting, guna mendukung setiap program pembangunan pemerintah. Oleh karenanya keberadaan wanita haruslah disetarakan, dengan perbandingan keberadaan laki-laki minimal 30 persen harus dilibatkan,” ujar Sekretaris DPPPA Kota Bima Ahmad Rifaid.

Mantan sekretaris Dinas Koperindag Kota Bima itu menuturkan, dengan adanya keterlibatan perempuan tersebut. Maka strategi ini diambil untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender (KKG) seperti yang di programkan pemerintah. Sehingga bisa diterapkan kebijakan dari berbagai bidang kehidupan dan sektor pembangunan yang telah dilaksanakan pemerintah.

“Program KKG ini tidak akan bisa berjalan dengan baik dan berhasil, bila masih berjalan secara individu. Maka dari itu diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan berbagai organisasi masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu pemateri kegiatan sosialisasi dari LSM Lahar Rizki Mardiyati menambahkan, untuk terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan sosial dan keluarga. Untuk mencapai visi tersebut, maka diperlukan misi perlakuan yang sama antara perempuan dan laki-laki.

Guna mensukseskan misi tersebut, maka harus ada upaya peningkatan kualitas hidup perempuan, kemudian melibatkan perempuan dalam proses penyelenggaraan demokrasi. Tidak hanya itu, menghapus bentuk kekerasan terhadap perempuan, kemudian meningkatkan peran serta dalam kelembagaan serta keterlibatan partsipasi masyarakat yang harus terus ditringkatkan.

“Semoga dengan kegiatan KKG ini, para peserta yang hadir dapat mengerti akan peran, fungsi dan tugas seorang wanita. Agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan,” tambahnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *