Kabar Bima

Dikbud Pantau Pelaksanaan UNBK SMP Sederajat

197
×

Dikbud Pantau Pelaksanaan UNBK SMP Sederajat

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Dikbud Kota Bima memantau pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat SMP sederajat, Senin (23/4). Pelaksanaannya pun berjalan dengan tertib.

Dikbud Pantau Pelaksanaan UNBK SMP Sederajat - Kabar Harian Bima
Kabid Dikdas Dinas Dikbud Abdul Azis saat memantau hari pertama UNBK di SMPN 9 Kota Bima. Foto: Eric

“Penyelenggaraan UNBK dan UNKP berjalan tertib dan lancar. Di hari pertama juga kami belum menerima laporan adanya kendala,” ujar Kabid Dikdas Dinas Dikbud Abdul Azis, saat memantau UNBK di SMPN 9 Kota Bima.

Dikbud Pantau Pelaksanaan UNBK SMP Sederajat - Kabar Harian Bima

Azis mengatakan, berdasarkan jadwal penyelenggaraan ujian sesuai prosedur dari Kemendikbud. Pelaksanaan baik UNBK dan UNKP digelar dalam waktu dan hari yang sama. Ujian berlangsung selama 4 hari, yaitu sejak Senin hingga Kamis (23-26/4), dengan mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Guna mendukung pelaksanaan ujian nasional tersebut, pihaknya juga telah mengatur tenaga pendidik yang akan mengawasi pelaksanaan ujian. Sejumlah guru telah ditempatkan di sekolah yang berbeda.

“Dengan menempatkan pengawas dari sekolah lain, maka dipastikan pengawasan dan penyelenggaraan ujian berjalan tertib. Juga pelanggaran bisa diminimalisir,” tuturnya.

Azis menambahkan, secara keseluruhan baik itu teknis dan fasilitas pendukung. Seperti jaringan internet dan listrik, tidak terjadi gangguan signifikan.

*Kahaba-04