Studi Wilayah Pertahanan, Peserta KKLDN Diterima Sekda Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Sekretaris Daerah Kota Bima H Muhtar menerima peserta dari Kuliah Kerja Lapangan Dalam Negeri (KKLDN) Studi Wilayah Pertahanan Pasis Dikreg LVI Seskoad Tahun Anggaran 2018, di Aula Kantor Walikota Bima, Senin (23/4). Acara ini dihadiri oleh Dandim 1608/Bima, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sekda Kota Bima foto bersama dengan Peserta KKLDN. Foto: Hum

Kegiatan KKL Studi Wilhan Pasis Dikreg LIV Seskoad Tahun Anggaran 2018 di satuan komando kewilayahan bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis pelaksanaan program komando kewilayahan dalam hal metode Binter.

Hasil kegiatan KKLDN selanjutnya akan menjadi bahan kajian dan seminar nasional yang akan dilaksanakan pada bulan november 2018 yang akan datang dengen tema “Sinergi Satkowil, Polri dan Pemda Dalam Memelihara Sistuasi Kondusif pada Pelaksanaan Pilkada Serentak dan Pilpres Guna Mendukung Stabilitas Nasional”.

Pakorlap rombongan Pasis Dikreg LVI Seskoad TA 2018 Kolonel Arhanud Hery Purwanto dalam sambutannya menjelaskan, dengan acuan tema tersebut diharapkan Perwira siswa dapat menggali berbagai informasi dan permasalahan yang terjadi di daerah. Kemudian dianalisa dengan menggunakan metode kualitatif dan dirumuskan, serta dicari pemecahannya secara komprehensif dan integral sebagai bahan seminar maupun sebagai bahan masukan bagi satuan dan wilayah yang menjadi sasaran KKL Wilhan.

Kata dia, pelaksanaan KKLDN Studi Wilayah Pertahanan Pasis Dikreg LVI Seskoad TA 2018 akan dimulai tanggal 23 April 2018 sampai dengan 25 April 2018 di 7 Kodam, 12 Provinsi, 12 Polda, 13 Korem dan 16 Kodim dengan melibatkan personel sebanyak 356 orang terdiri dari 281 perwira siswa, 59 pejabat penyelenggara dan 16 Pakarlit terdiri dari Dosen UNJANI serta IPDN. Sedangkan untuk di Kota Bima terdiri dari 21 orang dengan 18 orang peserta dan 3 orang pakarlit.

“KKLDN tersebut diharapkan dapat membekali para pasis dengan pengalaman tentang studi wilayah pertahanan untuk tugas yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Bima H Muhtar menyampaikan ucapan selamat datang kepada para Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Tahun Ajaran 2018. Diapresiasinya kehadiran para perwira siswa seskoad yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan Dalam Negeri di Kota Bima. Secara khusus disampaikannya bahwa untuk masyarakat Kota Bima TNI telah menempati ruang istimewa.

“Kesan baik yang tertanam sudah tidak terhitung. Salah satunya adalah bantuan selama tanggap darurat banjir pada akhir tahun 2016 lalu,” puji Sekda.

Selain itu, TNI melalui pasukan marinirnya juga telah memulai rangkaian peringatan HUT Kota Bima ke-16 tahun 2018 melalui parade alutsista dan latihan perang di Kota Bima pada bulan Januari lalu. Selanjutnya kunjungan diakhiri dengan tukar menukar cinderamata dan cinderamata khas Kota Bima.

*Kahaba-01/Hum

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *