Kabar Bima

Cari Calon Pemain Sepakbola Profesional, Dinas Dikbud Buka Gala Siswa

197
×

Cari Calon Pemain Sepakbola Profesional, Dinas Dikbud Buka Gala Siswa

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Dikbud Kota Bima membuka secara resmi Gala Siswa tingkat Kota Bima, di Lapangan Manggemaci, Kamis (26/4). Turnamen untuk mencari bibit unggul tingkat pelajar tersebut diikuti 14 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

Cari Calon Pemain Sepakbola Profesional, Dinas Dikbud Buka Gala Siswa - Kabar Harian Bima
Foto bersama calon pemain sepakbola profesional saat pembukaan Gala Siswa. Foto: Eric

“Gala siswa yang digelar ini merupakan bagian dari program kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter,” ujar Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Kota Bima Muhammad Taufik.

Cari Calon Pemain Sepakbola Profesional, Dinas Dikbud Buka Gala Siswa - Kabar Harian Bima

Lewat Gala siswa, pemerintah ingin mencari pemain-pemain sepak bola berbakat. Untuk itu melalui Gala siswa ini, pemerintah daerah sejak dini bisa menyiapkan anak-anak calon pesekbola profesional.

“Gala Siswa merupakan wadah bagi siswa yang memiliki bakat dan potensi di bidang olahraga khususnya sepak bola,” katanya.

Diakui Taufik, ajang yang digelar ini merupakan hasil kerjasama antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Untuk memberi ruang bagi siswa, guru, orang tua, sekolah, komunitas sepak bola, suporter sepak bola, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama memajukan persepakbolaan di Indonesia.

“Dengan gala siswa inipula, kami meminta kerja sama semua pihak dan juga masyarakat. Untuk mengawal kegiatan ini, demi memajukan sepakbola daerah,” bebernya.

Taufik menambahkan, Gala Siswa akan diselenggarakan secara berjenjang dan berkesinambungan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, kota, tingkat provinsi, dan nasional. Dengan mencari tim terbaik setiap daerah, untuk ikut bertanding di tingkat Kota, provinsi hingga nasional.

Untuk tingkat Kota Bima, ada 14 tim yang ambil bagian. Dengan waktu perencanaan lomba mulai tanggal 26 April hingga 15 Mei mendatang.

Untuk hari pertama pembukaan gala siswa, di Group A yang mempertemukan antara SMPN 1 melawan SMPN 6 Kota Bima, dimenangkan oleh SMPN 1 Kota Bima dengan skor 3-1.

*Kahaba-04